Pastikan Ilegal, Hinca Minta Polri Bubarkan KLB Demokrat

Penyelenggaraan Kongres Luas Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang Sumatera Utara/ dok: istimewa

MONITOR, Jakarta – Penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Foto lokasi KLB di The Hill Hotel dan Resort Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pun tersebar di sejumlah grup komunikasi Whatsapp.

Terkait penyelenggaraan KLB ini, Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menyatakan bahwa kegiatan tersebut ilegal. Ia menyatakan KLB yang diinisiasi Moeldoko Cs tersebut tidak mengantongi izin Polri.

Politikus asal Sumatera Utara ini memastikan kabar KLB tersebut secara langsung ke Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dikarenakan bersifat Ilegal, maka Hinca mendesak agar Polri membubarkan acara KLB tersebut.

“Oleh karena penyelenggaraan KLB itu, tidak ada ijinnya maka negara (polisi) harus membubarkannya demi hukum. Jika tidak dibubarkan, maka negara membiarkan pelanggaran hukum itu. Kita protes keras,” tegas Hinca dalam keterangannya, Jumat (5/3/2021).

Eks Sekretaris Jenderal DPP Demokrat ini menambahkan, KLB ini layak dibubarkan karena tidak mengantongi izin dari internal partai Demokrat. Apalagi, KLB ini justru dimotori oleh pihak eksternal.

“Selain alasan itu tak dapat dibenarkan oleh hukum, juga kita pastikan bahwa penyelenggaraan KLB ilegal ini justru melibatkan pihak eksternal yang secara sengaja dan menjadi aktor intelektualnya yakni Muldoko sebagai Kepala KSP yang sama sekali bukan kader Partai Demokrat,” tandas Hinca.