Kamis, 18 April, 2024

Golkar dan PAN Dukung Anies Jual Saham Bir di PT Delta

MONITOR, Jakarta – Keinginan Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk menjual saham di PT Delta Djakarta sampai saat ini belum bisa terealisasi. Pasalnya, para wakil rakyat Jakarta belum kompak mengamini keinginan Anies tersebut.

Namun demikian, ada beberapa fraksi di DPRD yang secara terang-terangan mengungkapkan secara terbuka memberi dukungan kepada Anies agar keinginannya menjual saham di PT Delta yang memproduksi minuman berakohol tersebut.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta, Basri Baco, dengan tegas mengatakan mendukung langkah Anies menjual saham PT Delta karena tujuannya baik.

“Kami di Fraksi Golkar sangat setuju sekali dengan keinginan Pak Anies untuk menjual saham Pemprov DKI di PT Delta. Apalagi alasan yang dikeluarkan Pak Anies baik, salah satunya uang yang didapat dari penjualan saham tersebut untuk memajukan pendidikan di Jakarta,” ujar Baco kepada MONITOR, Rabu (3/3).

- Advertisement -

Menurut Baco, pihaknya sangat mendukung kalau uang hasil penjualan saham di PT Delta bisa digunakan untuk meningkatkan sektor pendidikan, terutama untuk membangun sekolah-sekolah negeri.

“Di jual lebih baik untuk membangun sekolah negeri agar lebih banyak warga yang bisa masuk sekolah negeri daripada harus ke sekolah swasta,” tegasnya.

Tak hanya untuk sektor pendidikan, hasil penjualan saham bir di PT Delta pun bisa digunakan untuk sektor kesehatan. Pemprov DKI bisa membangun lebih banyak puskesmas sehingga di setiap kelurahan ada satu puskesmas.

Sementara itu, menyinggung ada beberapa pimpinan dewan yang tak sepakat saham PT Delta dijual, Sekertaris DPD Partai Golkar Jakarta ini menegaskan bahwa DPRD DKI bukan milik pimpinan dewan.

“Masih ada 105 Anggota dan 9 fraksi di DPRD DKI. Mereka punya pendapat masing-masing. Itu harus dihargai,” tandasnya.

“Saya tegaskan lagi, DPRD DKI ini bukan milik pimpinan dewan,” sambungnya.

Senada dengan Fraksi Golkar, Fraksi PAN DPRD DKI pun dengan terang-terangan Jmendukung langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berencana melepas saham kepemilikan pada perusahaan Bir PT Delta Djakarta.

“Sejak tahun 2019, banyak masukan kepada kami agar Fraksi PAN ikut mendorong penjualan saham bir yang dimiliki Pemprov,” kata Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Bambang Kusumanto di Jakarta (Selasa, 2/3/2021).

Menurutnya, selama ini pemerintah provinsi DKI Jakarta selalu bilang bahwa penjualan saham bir tersebut terganjal dari restu DPRD DKI Jakarta.

Maka untuk itu saat ini kami menegaskan bahwa Fraksi PAN secara bulat mendukung upaya pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk menjual saham yang dimiliki DKI Jakarta sejak era Gubernur Ali Sadikin itu.

“Pak Gub dan Pak Wagub, Fraksi PAN mendukung 100 persen keputusan untuk menjual saham Delta,” ungkap Bambang.

Pemerintah Provinsi harus berani tegas dengan mengalihkan investasi miras ke investasi lain yang tidak menimbulkan sentimen sosial. Seperti pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Jokowi yang berani membatalkan perpres investasi miras karena mendengarkan masukan-masukan dari masyarakat.

“Pak Anies harus bisa tegas seperti Pak Jokowi yang membatalkan perpres soal investasi Miras,” ujar Bambang.

Bambang melihat kepemilikan selama ini saham Pemprov DKI Jakarta di PT Delta Djakarta di jadikan semacam bumper bagi pemegang saham lainnya seperti San Miguel. Karena Pemprov berstatus sebagai regulator juga, sehingga pemilik saham lainnya merasa aman.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER