SBY Sebut Perilaku Moeldoko Rugikan Presiden Jokowi

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (dok: Rmol)

MONITOR, Jakarta – Isu kudeta terhadap Partai Demokrat dibawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membuat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat angkat bicara.

Ia menilai, kisruhnya isu kudeta yang menyeret nama Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko sangat merugikan nama baik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

SBY pun meyakini Presiden Jokowi tidak mengetahui perilaku anak buahnya tersebut, terutama dalam ‘mendalangi’ rencana kudeta terhadap partainya.

“Secara pribadi, apa yang dilakukan Moeldoko adalah di luar pengetahuan Presiden Jokowi. Saya juga yakin bahwa Presiden Jokowi miliki integritas yang jauh berbeda dengan perilaku pembantu dekatnya itu,” ujar SBY dalam sebuah video, Rabu (24/2/2021).

“Partai Demokrat justru berpendapat apa yang dilakukan Moeldoko tersebut sangat mengganggu, merugikan nama baik beliau (Jokowi),” sambungnya.

Terkait nama-nama lain yang ikut tercatut dalam upaya kudeta, bagi SBY, sangat tidak masuk akal. SBY percaya, tidak ada pejabat lain yang terlibat selain Moeldoko.

“Partai Demokrat tetap percaya bahwa para pejabat tersebut memiliki integritas, betul tidak tahu-menahu dan tidak masuk di akal jika ingin mengganggu Partai Demokrat,” tandas Presiden Keenam RI ini.