Wilayahnya Diterjang Banjir, Sikap Anies Beda dengan Ganjar

Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil/ dok: Okezone

MONITOR, Jakarta – Musibah banjir yang menerjang wilayah Jakarta dan Jawa Tengah menjadi sorotan publik. Bukan hanya penyebab air rob, namun sikap yang ditunjukkan oleh dua kepala daerah di dua provinsi tersebut.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan dirinya merupakan orang yang paling bersalah atas terjadinya banjir di sejumlah titik di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa lalu (23/2/2021).

Penyesalan itu dia sampaikan melalui akun Twitternya. Bahkan ia kaget ketika mendapati kantor Pemprov Jateng terendam banjir Semarang.

“Saya yang salah. Yang lain sudah bekerja dengan baik,” ujar Ganjar, menjawab salah satu cuitan warganet.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum lama ini melantik 13 pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, tepatnya pada Selasa (23/2/2021) kemarin.

Salah satu pejabat yang dilantik adalah Yusmada Faizal. Ia dilantik menjadi Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, menggantikan Juaini yang digeser Anies Baswedan menjadi Wali Kota Jakarta Utara.

Namun anggapan tersebut ditepiskan Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Ia menjelaskan bahwa pergantian tersebut merupakan suatu hal yang biasa di suatu instansi.