Bertolak ke NTT, Jokowi Tinjau Lumbung Pangan Seluas 5.000 Hektare

Presiden Joko Widodo menyambangi Desa Makata Keri, Sumba Tengah, NTT/ dok: Agus Suparto Setkab

MONITOR, Sumba Tengah – Presiden Joko Widodo berencana membangun ketahanan pangan dari ujung barat hingga ke timur wilayah Indonesia. Kali ini, orang nomor satu di Indonesia ini menyambangi Desa Makata Keri, Sumba Tengah, NTT.

Jokowi beserta rombongan tiba siang ini disambut hujan lebat. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan kawasan yang dikunjungi merupakan lumbung pangan seluas 5.000 hektare.

“Kawasan yang saya tinjau ini adalah lumbung pangan baru seluas 5.000 hektare yang dibangun di NTT yang 3.000 hektare di antaranya untuk padi, selebihnya ditanami jagung,” kata Jokowi di lokasi, Selasa (23/2/2021).

Dari hasil pengawasan, Jokowi mengungkapkan kendala pengembangan lumbung pangan di NTT ini yakni ketersediaan air untuk mengairi persawahan.

“Untuk itu, pemerintah membangun hingga sebanyak 200 sumur bor dan beberapa embung untuk pengairan sawah. Itu pun masih jauh dari cukup,” terang Jokowi.

Selain itu, ia pun telah menginstruksikan Menteri PUPR untuk melihat potensi pembangunan waduk atau bendungan di wilayah ini, serta memerintahkan Menteri Pertanian untuk turut memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang dibutuhkan para petani setempat.