Jumat, 29 Maret, 2024

Sekdis PUPR Depok Ungkap Tiga Fokus Pembangunan di Tahun 2022

MONITOR, Depok – Sekretaris Dinas (Sekdis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Cintra Indah Yulianti, menyatakan ada tiga hal yang menjadi fokus pihaknya dalam program kerja di tahun 2022. Pertama banjir, longsor, dan kemacetan.

Menurutnya, tiga isu strategis tersebutlah yang telah ditetapkan melalui Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah DPUPR Kota Depok pada Rabu (17/02) kemarin.

“Sesuai hasil Renja kemarin, kami fokus terhadap tiga hal. Yakni masih seputar banjir, longsor dan yang baru terkait kemacetan,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (18/02).

Citra mengatakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi sering terjadinya banjir di Kota Depok. Seperti alih fungsi lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

- Advertisement -

Kemudian, kebiasaan warga yang masih suka membuang sampah sembarangan, pendangkalan sungai maupun situ, serta kapasitas saluran atau kali yang tidak bertambah.

“Untuk longsor juga demikian, faktornya antara lain pelanggaran Garis Sempadan Sungai (GSS), saluran pembuangan yang mengikis tebingan dan cuaca panas atau kemarau panjang dan tiba-tiba hujan.”

“Ini tidak bisa kita prediksi, karena iklim sekarang mudah berubah,” jelasnya.

Sedangkan, lanjut Citra, untuk kemacetan, saat ini perlu mendapat perhatian lantaran populasi orang yang terus bertambah diiringi pertumbuhan kendaraan, namun kapasitas jalan tidak bertambah. Selain itu, panjang dan lebar jalan juga tidak bertambah.

“Kurangnya pembangunan trotoar juga menjadi faktor kemacetan. Jadi, kami akan fokus terhadap tiga hal tersebut. Mudah-mudahan apa yang sudah kami rencanakan nanti, dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER