Sabtu, 20 April, 2024

Komisi X DPR ke Menpora: Ini Kunker Bersejarah dan istimewa

“Selama ini belum pernah ada menteri yang mendampingi langsung setiap kunjungan DPR RI ke daerah”

MONITOR, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menjadi menteri pertama yang ikut melakukan kunjungan kerja (kunker) bersama Komisi X DPR RI. Peristiwa tak biasa ini terjadi saat kunker Komisi X DPR RI ke Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Senin (15/2/2021) lalu.

Pimpinan rombongan, Hetifah Sjaifudian, yang juga sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR RI memberikan apresiasi kepada Menpora RI Zainudin Amali yang turun langsung mendampingi rombongan Komisi X DPR RI dalam kunker di Sumut.

“Ini adalah kunker bersejarah dan terasa istimewa, karena selama ini belum pernah ada menteri yang mendampingi langsung setiap kunjungan DPR RI ke daerah, biasanya setiap kementerian dan lembaga hanya menugaskan pejabat eselon 1, bahkan ada yang hanya menugaskan pejabat eselon 2. Hari ini cukup istimewa karena dihadiri langsung oleh seorang menteri. Kami sangat mengapresiasi Menpora yang ikut langsung,” ungkap Hetifah dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Pada kunker tersebut, pertemuan yang juga dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan membahas berbagai permasalahan yang terdapat pada mitra Komisi X DPR RI yang ada di Kabupaten Deli Serdang.

- Advertisement -

Termasuk rencana pengembangan fasilitas olahraga Sport Center karena Sumut akan menjadi tuan rumah PON XXI 2024. Apalagi Komisi X DPR RI selama ini bermitra dengan Kemendikbud, Kemenparekraf, Kemenpora dan Perpustakaan Nasional.

Alasan Menpora RI turun langsung untuk mendampingi rombongan Komisi X DPR RI ke Sumut dikarenakan dirinya ingin mengetahui secara langsung persoalan kepemudaan dan keolahragaan di daerah.

“Saya menghormati kemitraan dengan Komisi X yang sudah bersinergi dengan baik selama ini. Saya akan berusaha sedapat mungkin mendampingi kunker mitranya bila waktunya memungkinkan,” ujar Zainudin Amali.

Senada dengan Hetifah, Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan, juga mengaku sangat mengapresiasi kehadiran Menpora RI mendampingi secara langsung kunker Komisi X DPR RI ke Deli Serdang tersebut.

“Ini suatu hal yang sangat baik telah ditunjukkan oleh Menpora. Saya berharap apa yang sudah dicontohkan oleh Menpora ini bisa diikuti oleh menteri lain sehingga kemitraan antara eksekutif dan legislatif semakin terjalin dengan harmonis,” katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI Djohar Arifin, juga sangat hormat dengan upaya yang dilakukan Menpora RI untuk memajukan olahraga Indonesia saat ini.

“Kehadiran langsung dalam kunker ini sebagai wujud nyata penghargaan Menpora terhadap Komisi X,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER