Jumat, 26 April, 2024

Viral Video Uang Redenominasi Rp100 Bergambar Jokowi, BI: Awas Hoaks!

MONITOR, Jakarta – Menanggapi soal viralnya video redenominasi uang Rp100 bergambar Presiden Jokowi yang beredar di media sosial, Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa hingga saat ini BI belum meluncurkan rupiah baru yang sudah diredenominasi.

Redenominasi sendiri merupakan penyederhanaan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya. Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono memastikan bahwa uang kertas yang ada dalam video yang viral itu adalah hoax dan hanya orang iseng yang ingin cari sensasi.

“Tidak ada rupiah baru. Kelihatannya ini anak-anak iseng di Tiktok terus viral masuk Instagram, ” kata Erwin dalam keterangannya, Senin (8/2/2021).

Erwin menjelaskan, BI dan pemerintah memang memiliki rencana redenominasi rupiah. Namun, untuk menjalankannya akan sangat ditentukan dengan kondisi sosial, politik, dan ekonomi.

- Advertisement -

Diketahui, video tersebut viral di aplikasi TikTok hingga ke Instagram dan merekam uang kertas rupiah dengan nominal Rp 100. Uang kertas itu berwarna merah dengan tulisan besar Bank Indonesia beserta dengan logonya, lengkap juga dengan nomor seri.

Di satu sisi uang itu terpampang foto setengah badang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sementara di sisi lainnya bergambar Istana Negara. Di dalam video juga ada narasi ‘Katanya Indonesia mau Redenominasi. Dituliskan juga uang Rp 10.000 akan menjadi Rp 10, Rp 50.000 menjadi Rp 50 dan Rp 100.000 menjadi Rp 100.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER