#MenporaBantuPSSI Trending di Twitter, Atensi Masyarakat untuk Kompetisi Sangat Tinggi?

Tagar tersebut sudah mencapai 2.101 cuitan dari netizen

Menpora, Zainudin Amali, bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Tagar MenporaBantuPSSI menjadi trending topic di jagat Twitter pada Kamis (4/2/2021).

Berdasarkan pantauan di media sosial Twitter pada pukul 09.18 WIB, tagar tersebut sudah mencapai 2.101 cuitan dari netizen.

Tagar itu sendiri bermula dari peran Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, yang membantu Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang sedang berupaya untuk mendapatkan izin dari kepolisian untuk menggelar Liga 1 dan 2 di 2021 ini.

Banyaknya cuitan dengan tagar MenporaBantuPSSI itupun menunjukkan tingginya antusiasme ataupun atensi dari masyarakat supaya kompetisi sepakbola di Tanah Air kembali bergulir meski pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Misalnya saja seperti yang disampaikan oleh akun Twitter @Oditi__. Ia pun sudah tidak sabar ingin menyaksikan lagi kompetisi sepakbola di Tanah Air kembali bergulir.

“Udah lama nih nunggu liga 1 dan liga 2 kapan main lagi, semoga aja perizinannya segera didapat ya #MenporaBantuPSSI,” cuit @Oditi__.

Berbeda dengan akun @Rogislya. Menurutnya, dengan bergulirnya kompetisi, maka bibit-bibit muda pemain Tim Nasional Garuda Indonesia akan bermunculan.

“Kita bisa melihat potensi-potensi calon timnas di masa mendatang, ya bisa dilihat dan diamati dari pertandingan-pertandingan di kompetisi. Maka dari itu semoga kompetisi di tahun 2021 mendapatkan izin ya dari pihak Kepolisian. #MenporaBantuPSSI,” cuitnya.

Seperti diketahui, Kemenpora akan membantu PSSI untuk mendapatkan izin dari Kepolisian guna menghelat kompetisi Liga 1 dan Liga 2 di 2021 ini.

Hal itu dikatakan langsung oleh Menpora Zainudin Amali usai menjalani rapat koordinasi bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan beserta jajarannya di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (2/2/2021).

“Tadi itu dilaporkan kepada kami secara umum bahwa mereka tetap berharap dapat izin dan protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat. Tapi belum bicara soal detailnya,” ungkap Menpora.

“Kami akan rapatkan lagi di internal dan komunikasi dengan pihak kepolisian, secara paralel dari PSSI juga akan komunikasi ke pihak kepolisian dan kami juga akan melakukan hal yang sama,” ujar Menpora melanjutkan.

Pihak kepolisian dikabarkan sudah memberikan lampu hijau untuk perhelatan kompetisi sepak bola dilanjutkan. Pemberian lampu hijau untuk kembali dilangsungkannya kompetisi sepak bola di Indonesia diutarakan oleh Kepala Bidang Kerjasama Baintelkam Polri, Kombes Pol Budi Sajidin.

Diberikannya lampu hijau itu tak lepas ada peran penting Menpora Zainudin Amali. Kombes Pol Budi Sajidin menghormati keputusan Menpora Zainudin Amali yang melakukan pendekatan langsung dengan Kapolri yang Baru, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

“Kami sebagai anak buah itu akan loyal, apabila itu perintah pimpinan dilaksanakan. Kemarin saya dapat informasi dari Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto, yang menyatakan bahwa untuk kegiatan Liga 1 sepak bola, kemungkinan ini bisa dilaksanakan. Ini sudah dipertimbangkan,” katanya.

Budi menambahkan, memang saat ini lampu hijau baru diberikan untuk cabang olahraga sepak bola. Namun tak menutup kemungkinan kompetisi cabor lain juga bisa dilanjutkan.

“Mudah-mudahan nanti cabor lainnya seperti basket, voli, bisa dilaksanakan. Prinsipnya kita sayang sama masyarakat, kita ingin kegiatan ini maju, berkompetisi, cuma kebijakan kemarin itu tetap belum ada pencabutan dilarang, lampu hijaunya baru untuk sepak bola bisa dilaksanakan tanpa penonton,” ungkapnya.