PEMERINTAHAN

Gubernur Kalteng Tinjau Tanaman Padi Siap Panen di Food Estate Pulang Pisau dan Kapuas

MONITOR, Kalteng – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran meninjau area tanaman padi siap panen di lokasi Food Estate, Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Selasa, 2 Februari 2021. Di sana, Gubernur yang didampingi Kapolda dan Komandan Korem itu melihat langsung pengerjaan dan perkembangan lumbung pangan food estate dari waktu ke waktu.

“Kami bersama Pak Kapolda dan Pak Danrem berharap agar area food estate ini mampu menjadi lumbung pangan nasional. Karena itu seluruh jajaran Pemkab dan jajaran terkait berupaya meningkatkan dan menguatkan pentingnya program Nasional food ini,” ujar Sugianto, Selasa sore.

Menurut Sugianto, program food estate merupakan program jangka panjang yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Program ini juga diharapkan mampu menjadi lumbung pangan dunia serta mendongkrak nilai ekspor nasional, sehingga membuka lapangan kerja secara luas.

“Saya berharap pengembangan food estate di Kalteng dapat memberikan kualitas dan kuantitas terbaik, sehingga kebutuhan nasional dan ekspor mampu terpenuhi setiap saat,” katanya.

Sementara terkait panen padi yang akan dilakukan pada Minggu ketiga di bulan Februari, Sugianto akan meminta Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk membuka rangkaian panen di Kalimantan Tengah tersebut.

“Saya minta agar segera dibuatkan surat yang ditujukan kepada Bapak Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo) untuk memimpin jalanya panen padi di Desa Belanti Siam pada minggu ketiga,” katanya.

Sekedar informasi, Gubernur Sugianto juga melanjutkan tinjaunya ke wilayah Dadahup di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Gunung Mas. Di sana dia melihat kesiapan dan persiapan perkembangan food estate wilayah tersebut.

“Ke depan, kami berkomitmen untuk mengawal jalanya pengembangan food estate di Kalimantan Tengah agar bisa menjadi lumbungnya pangan nasional,” tutupanya.

Recent Posts

Nasyiah-KPPPA Dorong Agen ASI Eksklusif di Lingkungan Kementerian-Lembaga

MONITOR, Jakarta - Sebanyak 12 kementerian-lembaga Republik Indonesia berkomitmen melakukan optimalisasi ruang laktasi di lingkungan…

2 jam yang lalu

Irjen Kemenag Harap Auditor Bisa Jadi Mitra Inovasi Pengembangan Diferensiasi Pendidikan Agama

MONITOR, Jakarta - Irjen Kemenag Faisal Ali tidak semata menjadi mitra pengawasan, tetapi juga problem…

3 jam yang lalu

Fahri Hamzah: Akademisi Jika Terjun ke Arena Politik, Ganti Baju Dulu

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Fahri Hamzah mengatakan bahwa…

4 jam yang lalu

Konsul Haji Minta Maktab Pahami Kultur Jemaah Haji Indonesia

MONITOR, Jakarta - Konsul Haji pada Kantor Urusan Haji (KUH) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI)…

4 jam yang lalu

Waketum PP GP Ansor 2015-2024 Meninggal Dunia, Gus Addin: Beliau Orang Baik

MONITOR, Jakarta - Kabar duka datang dari Gerakan Pemuda Ansor. Wakil Ketua Umum PP GP…

6 jam yang lalu

Menuju Indonesia Emas 2045, Yandri Susanto: Indonesia Butuh Generasi Penerus Yang Handal

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua MPR RI H Yandri Susanto menyatakan bahwa Indonesia butuh generasi…

7 jam yang lalu