Kamis, 28 Maret, 2024

Fikom UMB Gelar Pengabdian Masyarakat Daring di Masa Pandemi

MONITOR, Jakarta – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di wilayah Jakarta Utara, Selasa 2 Februari 2021. Kegiatan ini merupakan wujud dari pelaksanaan tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian pada masyarakat.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, maka kegiatan pengabdian tersebut dikemas secara daring melalui program webinar yang menyasar siswa-siswi SMKN 49 Jakarta. Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, Dr. A. Rahman, M.Si, menjelaskan program ini merupakan implementasi dari kerja sama antara Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana dan SMKN 49 Jakarta.

“program pengabdian masyarakat ini adalah sebagai sumbangsih kami sebagai Dosen yang merupakan akademisi, dan kami ingin membaginya kepada masyarakat yang dalam hal ini para siswa-siswi SMK. Kami ingin siswa-siswi SMKN 49 Jakarta mendapatkan ilmu, pengetahuan, dan skill dalam bidang komunikasi, khususnya tentang new media. Mengingat media baru telah merubah pola kehidupan masyarakat, budaya, dan hampir segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam aktivitas komunikasi,” ujar Rahman, dalam sambutannya.

Sementara itu, Kurniawan Prasetyo selaku PIC Program menjelaskan kegiatan ini diikuti sekitar 100 peserta. Mereka terbagi menjadi beberapa kelas, diantaranya literasi media digital, public speaking, bisnis dan kewirausahaan, serta kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.

- Advertisement -

“Tema-tema kegiatan yang edukatif dan aplikatif meliputi; ketrampilan berkomunikasi, public speaking, cara menangkal hoax, pemanfaatan media digital dalam membangun creative content, personal branding, Brand activation dan marketshare, kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dan moderasi beragama dalam bingkai keberagaman dan harmoni bangsa. Materi disajikan dan disampaikan secara menarik dan interaktif sesuai khalayak kami para remaja yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan di masa mendatang,” terang Kurniawan.

Pihak sekolah menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat dan sinergi yang telah terjalin dengan Fikom Universitas Mercu Buana, agar dapat terus berlangsung sebagai upaya bersama membangun pemuda pemudi Indonesia yang mandiri, bersinergi, berakhlak mulia, dan dan berkepribadian yang dilandasi semangat gotong royong.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER