Minggu, 28 April, 2024

Surati Jokowi, AHY Minta Klarifikasi soal Isu Kudeta Demokrat

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengatakan dirinya telah menyurati Presiden Joko Widodo terkait adanya upaya kudeta kepemimpinan Partai Demokrat dari lingkaran Istana.

Dari aduan yang diterima AHY, banyak kader yang melaporkan adanya keinginan eksternal menjadikan Partai Demokrat sebagai kendaraan politik Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Sepuluh hari lalu, kami menerima laporan dan aduan dari banyak pimpinan dan kader Partai Demokrat baik pusat, daerah maupun cabang tentang adanya gerakan dan manuver politik oleh segelintir kader dan mantan kader Demokrat, serta melibatkan pihak luar atau eksternal partai, yang dilakukan secara sistematis,” ujar AHY di Taman Politik Wisma Proklamasi DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (1/2/2021).

Melalui surat itu, AHY ingin mendapatkan penjelasan langsung dari Presiden Jokowi terkait informasi yang diperolehnya.

- Advertisement -

“Karena itu, tadi pagi, saya mengirimkan surat secara resmi kepada yang terhormat bapak presiden Jokowi untuk mendapatkan konfirmasi dan klarifikasi dari beliau terkait kebenaran berita yang kami dapatkan ini,” jelas putra sulung SBY ini.

Berdasarkan informasi yang diterima, AHY mengatakan gerakan tersebut didalangi oleh tim gabungan yang terdiri dari 5 orang diantaranya 1 orang kader Demokrat aktif, 1 kader yang sudah 6 tahun tidak aktif, 1 mantan kader yang sudah 9 tahun diberhentikan dengan tidak hormat dari partai, karena menjalani hukuman akibat korupsi, dan 1 mantan kader yang telah keluar dari partai 3 tahun yang lalu.

“Sedangkan yang non kader partai adalah seorang pejabat tinggi pemerintahan, yang sekali lagi, sedang kami mintakan konfirmasi dan klarifikasi kepada Presiden Joko Widodo,” ucap AHY.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER