Pembangunan Kodim Bombana untuk Jaga Keamanan dan Bantu Sejahterakan Rakyat

"Rencananya, kantor dan perumahan Kodim Bombana dibangun di Desa Hukea“

Danrem 143/HO, Brigjen TNI Jannie A. Siahaan, bersama Bupati Bombana beserta jajaran saat meninjau lokasi untuk pembangunan Kodim Bombana di Desa Hukea, Rarowatu Utara, Bombana, Sultra, Sabtu (23/1/2021). (Penrem 143/HO)

MONITOR, Bombana – Kapenrem 143/HO, Mayor Arm Sumarsono, mengungkapkan bahwa tidak saja dalam menjaga keamanan wilayah, rencana pembangunan Kodim Bombana yang dirintis oleh Markas Besar TNI AD (Mabesad) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana juga dalam rangka membangun pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Menurut Sumarsono, pada Sabtu (23/1/2020), Danrem 143/HO Brigjen TNI  Jannie A. Siahaan bersama dengan Bupati Bombana Tafdil melaksanakan peninjauan lokasi pembangunan kantor dan perumahan Kodim Bombana.

“Rencananya, kantor dan perumahan Kodim Bombana dibangun di Desa Hukea, Rarowatu Utara, Bombana,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Selama ini, lanjut Sumarsono, Bombana masuk dalam wilayah Kodim 1413/Buton, dimana terdapat Perwira Penghubung (Pabung) dan empat Koramil, yaitu Bombana, Poleang, Rumbia dan Kabaena.

“Padahal Bombana satu daratan dengan Kendari dan Kolaka serta beda pulau dengan Buton. Namun karena berdasarkan latar belakang sejarah, maka hingga saat ini Bombana masuk di wilayah Kodim Buton,” ujarnya.

Sumarsono mengatakan bahwa selain ditinjau secara geografis, wilayah yang didiami suku Moronene ini juga memiliki potensi yang luar biasa, baik laut maupun mineral.

“Selain untuk menjaga keamanan wilayah, pembangunan Kodim Bombana juga bertujuan untuk membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Seperti halnya disampaikan oleh Sumarsono, setelah melaksanakan peninjauan lokasi kantor dan perumahan Kodim Bombana, Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie A. Siahaan pun menegaskan bahwa dengan berdirinya Kodim Bombana tidak saja untuk membantu tugas pokok TNI AD dalam menjaga keamanan wilayah, tapi juga membantu pemerintah setempat.

“Yaitu dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Jadi, lanjut Jannie, atas nama Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Sumangerukka, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bombana dan seluruh jajaran termasuk masyarakat Bombana yang telah berkenan menghibahkan tanah untuk pendirian Kantor dan Perumahan Kodim Bombana.

“Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, tahun ini telah menandatangani pembangunan Kantor dan perumahan Kodim Bombana. Semoga cepat terealisasi,” ujarnya.

Sementara itu saat memdampingi Danrem 143/HO meninjau lokasi, Pabung Bombana Kodim 1413/Buton Mayor Inf La Ode Tadi, menyatakan bahwa lokasi yang disiapkan pemkab sangat strategis.

“Selain di samping jalan utama dan dekat dengan fasilitas umum, seperti sekolah dan kantor pemerintah juga antara kantor dan perumahan sangat dekat,” katanya.

“Selain untuk Kodim Bombana seluas 3,7 hektar, Pemda Bombana juga menghibahkan lahan untuk pembangunan Kompi Yonif 725, yaitu sekitar 10 hektar,” kata La Ode Tadi menambahkan.