Jumat, 29 Maret, 2024

Kapasitas RS Penuh, Menkes Diminta Cari Kebijakan Efektif Penanganan Covid

MONITOR, Jakarta – Liburan panjang menyebabkan klaster penularan semakin tidak dapat terhindarkan. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah mengkaji kebijakan yang paling efektif untuk penanganan Covid-19.

“Kemarin itu juga terbentur libur yang kemudian libur-libur ini juga menyebabkan klaster-klaster yang tidak bisa dihindari. Nah, antara PPKM, PSBB dan lain-lain, kita minta kepada pemerintah mengkaji apa kemudian tetap melakukan PPKM atau PSBB atau kemudian seperti tadi melakukan modifikasi daripada dua opsi tersebut,” ujar Dasco di Gedung DPR, Senayan, Kamis (21/1).

Lebih lanjut, Dasco meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk membuat instrumen perencanaan atau kontingensi plan penanganan masalah corona. Salah satunya, dalam menghadapi kondisi RS yang sudah penuh dengan pasien corona.

“Kami minta kepada Menkes untuk kemudian mengkalkulasi lagi dan kemudian melakukan kontingensi plan untuk mengatasi masalah ini,” imbuhnya.

- Advertisement -

Selain itu, ia juga memonitor RS di Jakarta ini kemudian bukan hanya diisi oleh penduduk Jakarta tapi kemudian ada di daerah-daerah sekitar Jakarta bahkan ada dari Provinsi Jabar. Kemudian sekitar Tangerang, Bogor Depok, Bekasi itu kemudian mengisi. Sehingga mengakibatkan memang RS ini mengalami over capacity,” lanjut dia.

Dasco pun mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah dalam menangani corona dengan menaati protokol kesehatan dan membatasi aktivitas di luar rumah.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER