Gempa Sulbar, Jokowi Perintahkan Anak Buahnya Tanggap Darurat

Presiden RI Joko Widodo

MONITOR, Jakarta – Peristiwa gempa bumi yang melanda wilayah Sulawesi Barat menuai perhatian Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia ini berbelasungkawa atas meninggalnya korban peristiwa gempa bumi itu.

Sebagaimana diketahui, gempa menimpa daerah Majene, Sulawesi Barat, pada Kamis, 14 Januari 2021. Lalu menyusul tadi pagi, Jumat 15 Januari 2021 sekitar pukul 02.30 WITA, daerah Mamuju diguncang gempa dengan magnitudo 6,2.

“Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan duka yang mendalam atas korban yang meninggal dunia,” ujar Jokowi, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Jokowi pun memerintahkan sejumlah jajarannya untuk bertindak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat.

“Tadi pagi saya juga bertelepon kepada Gubernur Sulawesi Barat dan saya juga telah memerintahkan kepada Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), kepada Menteri Sosial, kepada Kepala Basarnas (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan), dan Panglima TNI dan Kapolri beserta jajarannya, untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, serta melakukan perawatan kepada korban yang luka-luka,” terangnya.

Selain itu, Jokowi meminta masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang disampaikan oleh petugas di lapangan.