Identitas Tunawisma Terbongkar, Ade Armando: Kubu Anies Kelewatan

Dosen Komunikasi Universitas Indonesia Ade Armando (dok: liputan6)

MONITOR, Jakarta – Sosok tunawisma yang ditemui Menteri Sosial, Tri Rismaharini, rupanya terbukti benar tidak memiliki rumah. Sebelumnya, ramai dikabarkan tunawisma yang dijumpai di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, itu adalah settingan.

Aksi blusukan eks walikota Surabaya tersebut di wilayah DKI Jakarta mulai dari bantaran Sungai Ciliwung hingga kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin memang sorotan publik. Pakar Komunikasi Indonesia, Ade Armando, mengamini fenomena itu nyaris menyudutkan Risma.

Ade Armando menyebutkan, Risma bahkan dituding melakukan adegan settingan untuk kepentingan politis, sebagaimana beredar bahwa keberadaannya ingin menjatuhkan citra Anies sebagai orang nomor satu di DKI.

“Tunawiswa yang dibantu Bu Risma dituduh sebagai orang PDIP yang puny rumah. Bu Risma dituduh cari muka bikin adegan settingan untuk menjatuhkan wibawa Anies,” kata Ade Armando dalam keterangannya, Jumat (8/1/2021).

Ketika identitas tunawisma itu terbongkar, dan bukan rekayasa, Ade Armando pun menyalahkan kelompok pembela Anies yang sebelumnya memfitnah Risma.

“Ternyata orang itu beneran tunawisma. Kubu Anies memang kelewatan,” pungkasnya.