Rumadi Ahmad: Pandemi Covid-19 Membawa Teknologi Menjadi Mukjizat Sosial

Diklatpimnas Diktis Kemenag RI 2020

Dok. Istimewa

MONITOR, Semarang – Ketua Lakpesdam PBNU, Dr. H. Rumadi Ahmad, MA mengatakan nilai-nilai baru yang datang pada saat pandemi covid-19 di tengah masyarakat kemungkinan merubah tatanan kehidupan sosial masyarakat.

“Nilai-nilai baru dalam masyarakat cepat atau lambat akan mempengaruhi sikap dan pola kehidupan masyarakat,” kata Rumadi saat menjadi pemateri pada Diklatpimnas Diktis Kemenag RI, Kamis (24/12).

Tepat memasuki hari kelima, Peserta Diklatpimnas 2020 diberi pembekalan mengenai materi refleksi dan proyeksi perubahan sosial yang disebabkan pandemi covid-19.

Rumadi menambahkan bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan terjadinya perubahan multidimensional pada masyarakat, termasuk didalamnya adalah aktifitas kegiatan di dalam kampus dan gerakan kemahasiswaan.

“Pandemi Covid-19, seakan membawa teknologi menjadi mukjizat sosial, gerak sosial yang terbatas memang sangat terbantu oleh kemajuan teknologi, namun tentu hal ini membawa dampak perubahan sosial yang cukup signifikan” tambah alumni UIN Walisongo tersebut.

Lebih lanjut, Rumadi berpandangan bahwa kondisi tersebut menuntut mahasiswa untuk dapat apatif dan responsif dalam mengelola kondisi.

“Gerakan mahasiswa perlu adaptif dan responsif terhadap perubahan-perubahan ini, selain matang secara akademik, mahasiswa juga tetap harus matang secara sosial” Pungkasnya.

Adapun kegiatan yang tengah memasuki hari kelima ini dimoderatori oleh Mishbah K Zuhri, MA, Dosen Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang.