Kamis, 28 Oktober, 2021

Susuri Tebing, Babinsa Lasusua Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir Bandang

Banjir bandang yang dialami pada Kamis (17/12/2020) malam diperkirakan merusak 739 rumah warga

MONITOR, Kolaka Utara – Dengan bermodalkan sarung untuk membawa paket sembako bantuan Pangdam XIv/Hsn, dua orang Babinsa Kodim 1412/Kolaka (Klk) Korem 143/Halu Oleo (HO) menyusuri tebing dengan sarana seadanya untuk membantu warga yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (19/12/2020).

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 143/HO, Mayor Arm Sumarsono, mengungkapkan bahwa sebagai bentuk kepedulian kepada korban banjir bandang di Sultra, Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Sumangerukka menyalurkan 600 paket Sembako di tiga kecamatan yang berada di Kolaka Utara.

“Dari informasi yang didapat, banjir bandang yang dialami kecamatan Lasusua, Rante Angin dan Wawo pada hari Kamis (17/12/2020) malam diperkirakan merusak 739 rumah warga,” ungkapnya kepada MONITOR dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (21/12/2020).

Sebagai satuan kewilayahan, lanjut Sumarsono, jajaran Korem 143/HO dalam hal ini Kodim 1412/Klk langsung merespon dengan mengerahkan para Danramil dan Babinsanya untuk membantu mengevakuasi dan membantu warga yang terdampak banjir bandang tersebut.

- Advertisement -

“Tidak saja jajaran Korem dan Kodim yang merespon cepat esok paginya (Jumat, 18/12/2020), Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Sumangerukka memberikan bantuan sembako sejumlah 600 paket,” ujarnya.

Sumarsono mengatakan, kepedulian Mayjen TNI Andi Sumangerukka itu diharapkan tidak hanya membantu warga yang tengah kesulitan, namun juga dapat menginspirasi pihak lain untuk bersama membantu korban banjir bandang.

“Seperti yang dilakukan dua orang Babinsa Koramil 1413-03/Lasusua yaitu Serda Rusman dan Serda Imran yang mengajak warga menyalurkan sembako ke Desa Batu Ganda dan Desa Pitudua yang terisolir akibat banjir bandang” katanya.

Lebih lanjut, Sumarsono mengungkapkan, kedua wilayah tersebut terisolir sehingga menghambat penyaluran bantuan untuk warga yang terdampak banjir bandang.

“Berkat tekad yang kuat, dengan bermodalkan sarung dan tas, pada hari Sabtu (19/12/2020) para Babinsa dan warga pun menyusuri tebing dengan menggunakan tali dan akar pohon yang ada untuk bisa tembus kesana,” ungkapnya.

Senada dengan Sumarsono, Dandim 1412/Kolaka Letkol Inf Risa Wahyu Puji Setiawan, menyampaikan bahwa jajarannya mengerahkan para Danramil dan Babinsa untuk menyalurkan bantuan sembako bagi warga terdampak banjir di Kolaka Utara.

“Sejumlah 600 paket sembako dari Pangdam XIV/Hsn kita distribusikan ke lokasi banjir bandang dan secara khusus di dua desa Kecamatan Lasusua, yaitu Desa Pitudua dan Batu Ganda baru dapat ditembus hari Sabtu (19/12/2020) kemarin karena akses disana terputus dan sarana yang ada terbatas,” ujarnya.

Selain bantuan dari Pangdam, Risa juga mengatakan bahwa pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta masyarakat Kolaka Utara membantu mengevakuasi maupun menyalurkan bantuan-bantuan dari berbagai pihak.

“Alhamdulillah meski dengan beberapa kendala, hingga saat ini penyaluran bantuan ke beberapa lokasi berjalan dengan baik,” katanya.

“Ke depan akan kami koordinasikan dengan BPBD dan pemda maupun pihak terkait lainnya untuk mengelola berbagai bantuan sehingga dapat disalurkan secara tepat, termasuk akan dipertimbangkan alternatif jenis bantuan lainnya seperti air bersih, obat-obatan, pakaian layak pakai maupun lainnya,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER