Jumat, 19 April, 2024

Jelang Hari Ibu, Elite PDIP Ajak Perempuan Indonesia Pulih dari Dampak Covid-19

"Bagaimana perempuan hadir untuk mencukupi kebutuhan gizi bagi keluarganya“

MONITOR, Jakarta – PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan betapa besar peran kaum perempuan memastikan suksesnya Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 beserta dampaknya. Sehari jelang peringatan Hari Ibu, PDIP menegaskan perempuan adalah jalan peradaban Indonesia.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, mengungkapkan bahwa semua bisa melihat betapa pentingnya kaum perempuan. Di tengah lockdown di rumah akibat pandemi Covid-19, para ibu sekaligus hadir sebagai pendidik anak-anaknya.

Hal itu disampaikan Hasto dalam webinar yang bertema ‘Perempuan Jalan Peradaban Indonesia’ yang dilaksanakan dalam memperingati Hari Ibu 22 Desember 2020 di Jakarta, Senin (21/12/2020).

“Bagaimana perempuan hadir untuk mencukupi kebutuhan gizi bagi keluarganya. Di tengah Covid, peran ibu penting. Bung Karno menegaskan, kaum perempuan adalah yang mula-mula induknya kultur. Perempuanlah yang membangun kultur yang utama dan bukan laki-laki,” ungkapnya.

- Advertisement -

Hasto menyampaikan, PDIP selalu memberikan ruang yang besar bagi kaum perempuan. Menurut Hasto, hal itu bukan karena faktor elektoral semata, namun langkah yang sesuai visi Presiden RI Pertama Soekarno atau Bung Karno dan pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terhadap kepeloporan perempuan.

“Kami berharap pesan Ibu Megawati Soekarnoputri dapat kita jalankan. Persoalan emansipasi perempuan bagian dari emansipasi bangsa. Artinya, keterlibatan dan kesadaran diri dari kaum perempuan untuk bersama kaum laki-laki, untuk mewujudkan Indonesia Merdeka,” ujarnya. 

Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani, mengatakan bahwa separuh dari rakyat Indonesia adalah perempuan. Ini berarti separuh dari energi bangsa Indonesia adalah kaum perempuan. 

“Atau seperti Bung Karno sampaikan, perempuan adalah salah satu dari dua sayapnya seekor burung. maka jelas diperlukan peran aktif perempuan yang menyeluruh dan berkelanjutan. Apalagi perempuan berperan besar di dalam keluarga sebagai titik awal pendidikan anak di rumah,” katanya.

Ketua DPR RI itu melanjutkan, walau harus diakui juga bahwa sampai saat ini perempuan masih menghadapi banyak kendala. Baik dari sosial, ekonomi, hingga berbagai permasalahan lainnya. Yang paling utama, adalah menyadarkan bahwa menyertakan perempuan bukanlah pekerjaan afirmatif, namun merupakan kesadaran atas penghargaan harkat dan martabat manusia.

“Gotong royong seluruh rakyat Indonesia semakin penting. Apalagi untuk memulihkan Indonesia dari dampak pandemi covid-19. Saya mengajak semua bahwa tahun 2021, sebagai tahun Indonesia menjawab semua tantangan, tahun pemulihan, tahun kebangkitan Indonesia dari pandemi Covid-19,” ungkap Puan.

Sementara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Bintang Puspayoga, yang hadir sebagai narasumber di acara itu, mendorong perjuangan perempuan memerangi Covid-19. 

“Yakni dengan memastikan keluarga dan lingkungan sekitar tetap aman dengan protokol kesehatan,” katanya. 

Bintang menuturkan bahwa perempuan sebagai pemimpin memiliki sensitivitas. Isu anak, penyandang disabilitas, lansia dan sebagainya. Sehingga kebijakannya sesuai dengan kebutuhan kelompok-kelompok tersebut. 

“Oleh karena itu keterlibatan perempuan dalam kancah politik sangat dibutuhkan. Karena tidak ada kemajuan yang sesungguhnya tanpa kesejahteraan bagi seluruh rakyat,” ujarnya. 

Ketua DPP PDIP bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak, Sri Rahayu, mengungkapkan bahwa partainya konsisten mendorong partisipasi politik perempuan. Dengan berbagai cara, diantaranya dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada). Di 2020, total 28 orang perempuan terpilih menjadi kepala/wakil kepala daerah. 

“Dalam hal ini, PDI Perjuangan memang benar-benar menyiapkan pemimpin untuk rakyat, dengan melibatkan perempuan dalam politik karena PDI Perjuangan hendak menghadirkan politik keseharian, bukan wajah politik yang berorientasi pada kekuasaan dengan menghalalkan segala cara,” ungkapnya.

Di acara itu, hadir juga narasumber lainnya yaitu Wali Kota Surabaya yang juga Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan Tri Rismaharini.

Risma mengatakan, banyak pihak yang menganggap dirinya sukses memimpin Surabaya. Semua itu bisa terjadi karena peran perempuan dan laki-laki yang menjadi kader-kader. Misalnya, ada 27 ribu kader lingkungan yang bersama Pemerintah Kota Surabaya mengolah sampah menjadi kompos.

Risma juga membentuk kader kesehatan di Surabaya, dimana 98 persennya adalah perempuan. Mereka yang mengingatkan waktunya imunisasi anak dan pemeriksaan lansia gratis. Ada juga kader Ibu Pemantau Jentik yang jumlahnya sampai 237 ribu sehingga wabah DBD tidak sampai terjadi di kota itu. 

“Kami juga mempunyai kampung pendidikan. Jadi kampung pendidikan ini sebetulnya judulnya bidikan, kami memantau harus anak-anak bisa sekolah. Awalnya begitu. Kemudian bergerak menjadi kampungne arek suroboyo. Jadi mereka mengatur jadwal menonton tv, itu diatur. Kemudian ada yang piket. Jadi ada yang main-main di jalan saat waktunya belajar. Itu yang piket mengingatkan tak boleh keluyuran saat jam belajar. Ada kreasi juga ada yang latihan menari, beladiri dan sebagainya. Jadi di kampung itu digerakkan setiap anak punya prestasi,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER