Sabtu, 20 April, 2024

PKS Apresiasi Dukungan Pemerintah dalam Perjuangan Palestina

“Semoga Pemerintah Indonesia terus konsisten dengan sikap tersebut”

MONITOR, Jakarta – Ketua DPP PKS, Sukamta, mengungkapkan bahwa pihaknya memberikan apresiasi atas dukungan pemerintah Indonesia dalam perjuangan Palestina.

“Komunikasi yang baik dan dukungan yang disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas memberikan ketenangan kepada kaum muslimin Indonesia yang akhir-akhir ini khawatir atas terjadinya normalisasi hubungan berbagai negara muslim dengan Israel. Semoga Pemerintah Indonesia terus konsisten dengan sikap tersebut,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Selain itu, menurut Sukamta, rakyat Palestina tentu senang dan berterimakasih karena Indonesia terus membela dan memperjuangkan tercapainya kemerdekaan Bangsa Palestina di forum-forum internasional.

Sukamta berpendapat bahwa jika Israel dan Amerika Serikat aktif dalam diplomasi untuk sebuah kesepakatan besar abad ini melalui normalisasi hubungan Israel dengan berbagai negara muslim, maka pemerintah Indonesia harus melalukan hal sama.

- Advertisement -

“Indonesia sebagai anggota Dewan Keamanan PBB harus lebih berani dalam menentang setiap aneksasi yang dilakukan oleh Israel. Selain itu, pemerintah berdiplomasi aktif menggalang dukungan konkrit dari negara-negara Islam dan dunia lainnya dalam mendukung kemerdekaan Palestina,” ujarnya.

Sehingga, Sukamta mengatakan, normalisasi saat ini yang kelak bisa menjadi pengucilan Palestina di masa depan dapat dibendung dari sekarang.

Selain apresiasi, Sukamta juga mengingatkan agar pemerintah Indonesia 

berhati-hati atas berbagai langkah Israel, Amerika Serikat, Arab Saudi serta sekutu-sekutunya. 

“Tidak ada makan siang gratis. Sehingga langkah Israel dan sekutunya dalam proposal normalisasi selalu menjanjikan hal yang menggiurkan. Indonesia tidak boleh tergoda kemudian berubah sikap atas jebakan dan iming-iming di balik normalisasi hubungan,” katanya.

Doktor lulusan Inggris itu menyatakan bahwa sikap Indonesia sudah benar, yakni mendukung kemerdekaan Palestina sebagai upaya mewujudkan cita-cita pendiri bangsa bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa dan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER