Miliki Jejak Sejarah, Megawati Bangga PDIP Menang di Pilkada Tidore

“Ibu Megawati antusias menyambut kemenangan pilkada di Provinsi Maluku dan Maluku Utara”

Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri, dalam webinar pembukaan Pameran Daring Buku Bung Karno, Jakarta, Selasa (24/11/2020). (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengapresiasi pencapaian kemenangan di Pilkada Maluku dan Maluku Utara 2020.

Di Provinsi Maluku yang menggelar empat pilkada kabupaten/kota, PDIP meraih tiga kemenangan. Sementara untuk Maluku Utara, dari delapan pilkada kabupaten/kota, PDIP memenangkan tiga pilkada.

“Pak Murad Ismail, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku berprestasi di dalam memenangkan pilkada dan mendorong konsolidasi internal partai sehingga bisa meraih kemenangan,” ungkap Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, kepada wartawan, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Hasto mengakui, memang tidak mudah melakukan konsolidasi di kedua provinsi yang terdiri dari sejumlah pulau tersebut.

Di samping itu, Hasto mengatakan, Ketua DPD PDI Maluku Utara Muhammad Sinen pun telah melaporkan hasil pilkada yang digelar di delapan kabupaten/kota.

Secara khusus, dilaporkan kemenangan kader PDIP di Pilkada Tidore 2020. Atas hal itu, Hasto menyampaikan kebanggaan PDIP bisa kembali meraih kemenangan di Pilkada Tidore dan dipimpin oleh kader partai.

“Sebagaimana diketahui, Tidore memiliki rekam jejak sejarah perjuangan yang luar biasa di dalam melawan pemerintahan kolonial Belanda. Kemenangan di Pilkada Tidore sudah dilaporkan ke Ibu Ketua Umum. Ibu Megawati antusias menyambut kemenangan pilkada di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Secara khusus, Ibu Megawati mengapresiasi kemenangan kader PDI Perjuangan di Pilkada Tidore,” ujarnya.

Sinen mengatakan, partai akan melakukan evaluasi untuk sejumlah pilkada yang gagal dimenangkan. Sinen juga berharap usai pilkada di Maluku Utara, semua komponen bersatu membangun yang dikenal kaya akan rempah-rempah itu.

“Sejak awal, memang kami memprediksi potensi menang memang di tiga pilkada termasuk Tidore,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Maluku yang sekaligus juga Gubernur Maluku Murad Ismail, menungkapkan bahwa kemenangan di Provinsi Maluku dengan mengusung kader murni PDIP. 

Murad juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat sehingga pilkada bisa berjalan dengan baik.

“Pilkada sudah usai, kami mengajak semua pihak, kandidat dan simpatisannya untuk kembali bersatu dan bersama membangun Maluku,” ungkapnya.