Tiga PTKIN Masuk Ranking Dunia Versi UI GreenMetric

MONITOR, Jakarta – Tiga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) masuk ranking dunia dalam gelaran UI GreenMetric 2020. Pengumuman ranking UI GreenMetric dilakukan secara virtual, Senin (07/12).

Ikut bergabung juga dalam pengumuman agenda tahunan UI ini, Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

UI GreenMetric adalah salah satu program dari Universitas Indonesia. UI GreenMetric menilai universitas berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

Matrik ini dibuat untuk perguruan tinggi se-Indonesia dan 912 peguruan tinggi dari 84 negara. Adapun tiga PTKIN yang masuk UI GreenMetric 2020 adalah UIN Raden Intan Lampung, ranking 10 Indonesia dan 126 dunia. UIN Walisongo Semarang berada di ranking 32 Indonesia dan 384 dunia. Sementara UIN Sultan Thaha Saifuddin (SUTHA) Jambi ranking 40 Indonesia dan 485 dunia.

Rektor UIN SUTHA Jambi Suaidi Asyari mengatakan bahwa ini adalah kali pertama keikutsertaan mereka dalam UI GreenMetric. Meski pertama, borang yang mereka susun memperoleh 5150 poin dari enam indikator penilaian dengan total poin maksimal 10.000.

“Di antara poin yang dinilai dari enam indikator adalah (1) Setting and Infrastructure, (2) Energy and Climate Change, (3) Waste, (4) Water, (5) Transportation, dan (6) Education and Research,” terang Asyari usai menerima pengumuman.

Tim UI GreenMetric SUTHA dikoordinatori Wakil Rektor I Rofiqoh Ferawati, Wakil Rektor II As’ad Isma, dan Wakil Rektor III Bahrul Ulum. Rektor menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh anggota tim dan unit terkait atas kerja keras dan dukungan mereka dalam mengikuti UI GreenMetric 2020.

Suaidi Asyari menambahkan, saat ini tim yang sama akan mempersiapkan borang untuk SDGs World University Ranking versi Times Higher Education. “Borang tersebut akan diupload menjelang dua tahun pelaksanaan visi lokomotif perubahan sosial unggul nasional menuju internasional dengan semangat dan moderasi Islam,” tandas Asy’ari.

“Capaian UIN Jambi masuk dalam SGDs world university ranking sangat terbuka jika dikerjakan dengan kerjasama dan kerja keras,” tandasnya.