Cerita Anies Saat Jalani Isolasi Mandiri di Rumah Dinas

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya

MONITOR, Jakarta – Sejak dinyatakan positif Covid-19, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, harus menjalani hari-harinya seorang diri di rumah dinasnya, di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.

Lewat saluran Instagramnya, orang nomor satu di Ibukota pun bercerita tetang kegiatannya selama menjalani isolasi.

“Buat teman-teman semua, selamat pagi sekali lagi untuk semuanya. Sekarang Rabu pagi, sekitar jam 09:35. Saya masih di rumah dinas, menjalani isolasi mandiri. Ini lagi mau live IG sendiri pertama kali. Jadi kalau nanti ada salah-salah, dimaklumi ya. Biasanya ada yang bantuin, sekarang harus mandiri semuanya termasuk mau live IG juga dikerjakan sendiri,” ungkap Anies.

Anies pun bercerita mengawali pagi hari dengan salat subuh, setelah selesai salat subuh kemudian keluar sebentar, buka pintu, jendela agar udara segar, terus mulai exercise, olahraga. Jadi olahraga ringan, stretching (peregangan), kemudian jogging (lari) sedikit. Jadi semuanya dikerjakan di arena taman yang ada di sini.

“Hari ini rencananya ada kegiatan vicon. Jadi pagi ini sudah mulai urusan-urusan kantor, tadi kita cek beberapa, terus akan vicon nanti jam 10:00 soal pertanahan di Jakarta. Nanti siang juga ada rapat. Jadi kegiatan terus jalan,” ujarnya.

“Sekarang saya berada di kamar, ini menghadap Taman Suropati. Saya pencet ya biar kelihatan depannya. Nah ini dia nih. Ini, di depan sana adalah Taman Suropati. Pagi-pagi tadi sudah banyak kegiatan di sana. Jadi kalau teman-teman lihat di Taman Suropati ini, pagi-pagi banyak sekali yang berolahraga di sini. Mereka semua menikmati suasana tamannya yang asri, hijau, dan banyak kegiatan apalagi kalau hari Sabtu atau Minggu, atau Jumat sore. Banyak (kegiatan), ada yang bawa alat musik. Jadi taman yang hidup,” sambungnya.

Anies pun menunjukan tempat lokasi tempatnya di isolasi. Ia juga mengatakan, akan menjalani proses isolasi mandiri sampai selesai.

“Kapan selesai isolasi, saya belum tahu kapan. Mudah-mudahan bisa lebih cepat selesai, lebih cepat tuntas. Itu rumah tetangga. tetangga saya di sebelah situ adalah Duta Besar India. Itu salah satu rumah paling lama juga (di Jakarta),” harap Anies, seraya menunjuk situasi lingkungan tempatnya di isolasi.

Anies juga menerangkan kondisi bangunan rumah dinasnya yang saat ini jadi tempat isolasi. Kata Anies, bangunan rumah dinasnya, dibangun tahun 1906. Jadi usianya sudah 114 tahun, bangunan ini. Bangunannya masih pakai balkon, model rumah lama, ada balkonnya.

“Terus (terkait) kegiatan. Seperti saya bilang tadi hari ini tetap kegiatan perkantoran. Jalan terus. Mudah-mudahan semua lancar,” jelasnya.

Anies pun mengajak kepada masyarakat untuk terus tetap jaga kedisiplinan, jaga diri, pakai masker, selalu mencuci tangan dan menjaga jarak. Kerjakan itu dengan rutin, Insya Allah terbebaskan dari potensi keterpaparan.

“Mudah-mudahan teman-teman semua terjauhkan dari keterpaparan, dan terjauhkan dari keterjangkitan. Jangan terpapar. Jangan terjangkit. Nah ini pesan Rabu pagi dari saya. Salam hangat buat semuanya. Terima kasih buat yang sudah ikut join. Mudah-mudahan live IG-nya, meskipun baru pertama kali nih memegang sendiri semuanya, mudah-mudahan not bad. Itu. Salam buat semuanya. Terima kasih,” pungkasnya.