Pangdam Kasuari Siap Tingkatkan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa UNIPA

"Karena di kampus ini sudah ada Menwa Kasuari, maka nanti akan kita bantu“

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, saat bersama para mahasiswa UNIPA di Manokwari, Papua Barat, Selasa (1/12/2020). (Pendam XVIII/Kasuari)

MONITOR, Manokwari – Seiring menyambut peringatan hari jadinya yang ke-4, Kodam XVIII/Kasuari sekaligus akan mencanangkan ‘Bulan Kasih Papua Barat’ yang rencananya akan digelar secara serentak di seluruh satuan jajaran Kodam yang berada di Provinsi Papua Barat pada Selasa (1/12/2020).

Sehubungan dengan itu, sehari sebelumnya, yakni pada Senin (30/11/2020), Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa beserta rombongan para pejabat Kodam yakni Irdam, Kapoksahli, Staf Ahli Pangdam bidang sosial budaya, Aspers, Aster, Dandenintel Kodam, Perwira yang mewakili Asintel dan Kapendam dengan didampingi oleh Dandim 1801/Manokwari mengunjungi dan melakukan audiensi dengan Rektor Universitas Papua (UNIPA) Meky Sagrim yang didampingi para pejabat Rektorat di kampus UNIPA, Amban, Manokwari, Papua Barat. 

Selanjutnya Pangdam dan rombongan berkunjung dan bertatap muka langsung dengan para mahasiswa UNIPA yang berada di Asrama Mahasiswa UNIPA, Asrama Mahasiswa Kaimana dan Asrama Mahasiswa Sorong Selatan (Sorsel) yang berada di sekitar kampus UNIPA Amban.

Di ketiga asrama mahasiswa tersebut, Pangdam selain memberikan arahan dan berbincang-bincang langsung dengan para mahasiswa yang berada di sana, juga sekaligus memberikan bantuan berupa 650 paket sembako.

Usai kegiatan, Cantiasa, mengungkapkan bahwa pemberian bingkisan sembako tersebut adalah dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-4 Kodam XVIII/Kasuari yang akan jatuh pada 19 Desember 2020 mendatang, dengan suatu kegiatan bertajuk ‘Bulan Kasih Papua Barat’.

“Kali ini yang dilakukan adalah mengunjungi adek-adek mahasiswa yang berada di asrama mahasiswa dengan peduli kasih. Dengan berbagi bingkisan sembako ini, kita berupaya men-support dan membantu adek-adek yang sedang kuliah dan Desember ini akan menghadapi ujian, yang mungkin karena Covid-19 ini banyak kiriman dana dari kampung menjadi terlambat, maka mereka bisa memanfaatkan bantuan sembako ini untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari di asrama, sehingga mereka tetap bisa fokus untuk belajar meraih cita-citanya,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Selasa (1/12/2020).

Adapun tentang hasil audiensi dengan Rektorat UNIPA, Cantiasa mengatakan bahwa isi perbincangan adalah diskusi  membahas tentang bagaimana membangun Sumber Daya Manusia (SDM) para mahasiswa UNIPA.

Selain itu, lanjut Cantiasa, dengan adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan mahasiswa banyak yang melakukan proses perkuliahan secara virtual/online. Mencermati hal itu, Kodam XVIII/Kasuari akan membantu dengan sarana Wifi sebanyak dua titik untuk dipasang di UNIPA guna memudahkan pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar. Untuk penempatan dua titik Wifi tersebut, Cantiasa menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Rektorat UNIPA.

Selanjutnya, menurut Cantiasa, Kodam XVIII/Kasuari juga akan mendukung dan membantu UNIPA dalam pembentukan karakter dan kepemimpinan para mahasiswa UNIPA, diantaranya melalui pelatihan dan pembinaan Resimen Mahasiswa (Menwa) UNIPA.

“Selama di kampus ini, para mahasiswa hanya mendapatkan pengetahuan di bidang pendidikan. Untuk itu, sesuai permintaan Rektor UNIPA, Kodam XVIII/Kasuari akan ikut membantu menumbuhkan karakter dan kepemimpinan, diantaranya bekerjasama dengan Menwa,” katanya.

“Karena di kampus ini sudah ada Menwa Kasuari, maka nanti akan kita bantu, akan terus kita dukung dan kita dorong untuk kelak menjadi pemimpin-pemimpin di  Provinsi Papua Barat,” ujar Cantiasa menambahkan.