Usulan Gerindra Didengar Anies, Tahun Depan Paket Sembako Bakal Diganti BLT

Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Inggard Joshua.

MONITOR, Jakarta – Usulan Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta agar bantuan sosial (bansos) berupa sembako untuk korban Covid-19 diganti dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) disepakati oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Demikian diungkapkan oleh Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Inggard Joshua.

Menurut Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI ini, usulan terkait bansos diganti dengan BLT adalah murni usualan Fraksi Gerindra yang ia ungkapkan pada saat sidang paripurna DPRD DKI, dalam memberikan Pandangan Umum Fraksi Gerindra terhadap pidato Gubernur DKI dalam rangka penyampaian Raperda tentang APBD 2021, Jumat, (27/11).

“Kita patut bersyukur, usulan kita agar bansos menggunakan BLT disetujui Pak Gubernur,”ujar Inggard dalam keterangan tertulisnya kepada MONITOR, Sabtu (29/11).

Dikatakannya, untuk penyaluran bantuan warga terdampak Covid-19, Pemprov DKI, akan mengganti skema pembagian sembako dengan BLT yang pelaksanaannya akan di koodinasikan dengan pemerintahan pusat.

“Jadi anggaran belanja tidak terduga untuk penanggulan pandemi Covid-19 ini cukup besar yakni sekitar Rp 5 triliun. Agar penyalurannya terarah skema penyalurannya memang harus diganti dari berupa bahan pangan diganti dengan BLT,”tegasnya.

Diakui, Inggard, dalam pembagian bansos banyak masalah atau kerancuan dalam pendistribusiannya. Untuk itu, lanjut Inggard, pihaknya, menyarankan sebaiknya dalam bentuk BLT sehingga dapat dimonitor dengan baik oleh semua pemangku kepentingan dalam hal ini mencegah over lapping.

“BLT juga dimaksudkan untuk memberdayakan perekonomian rakyat sehingga warung-warung milik warga dapat berjalan perekonomiannya,”pungkasnya.