Keren! Jasa Marga Sabet Dua Penghargaan di Ajang 4th BUMN Award 2020

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menerima dua penghargaan pada ajang 4th BUMN Award 2020/ dok: istimewa

MONITOR, Jakarta – Prestasi kembali diraih oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada ajang 4th BUMN Award 2020 yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi. Pada ajang yang berlangsung secara virtual pada Jumat (27/11) tersebut, Jasa Marga berhasil meraih dua penghargaan, yakni Very Good Financial Performance of Indonesia Best BUMN Award 2020 dan Developing Contactless Transaction Services.

Dua penghargaan tersebut diserahkan secara virtual oleh CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Mohammad Ihsan kepada Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru.

Pada kesempatan itu, Heru menyampaikan dua penghargaan yang diterima Jasa Marga merupakan hasil konsistensi Perseroan dalam menjaga kinerja usaha terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Penghargaan pertama kami mendapat Very Good Financial Performance of Indonesia Best BUMN Award 2020. Alhamdulillah di kuartal III kami mencatatkan laba bersih Rp157,6 miliar dan keberhasilan Perseroan untuk menjaga kinerja positif pada Total Aset Perseroan yang mencapai Rp103,5 triliun, tumbuh 3,8% dibandingkan kuartal III tahun 2019,” katanya.

Sementara, lanjut Heru, untuk penghargaan kedua Developing Contactless Transaction Services, Jasa Marga berhasil bertranformasi sesuai road map dari pemerintah yang awalnya manual, lalu menggunakan uang elektronik dan saat ini mengembangkan Single Lane Free Flow (SLFF).

“Ultimate goal yang kami ingin capai adalah Multi Lane Free Flow. Kami terus mengembangkan develop contactless transaction dengan menggunakan sistem Radio-Frequency Identification (RFID) dan sudah kami lakukan uji coba terbatas di beberapa ruas tol milik Jasa Marga dan kami beri nama sistem ini Let It Flo,” ujarnya.

Heru menambahkan bahwa selain develop contactless transaction, Jasa Marga juga mengembangkan teknologi-teknologi lain untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sementara Mohammad Ihsan CEO dalam pembukaan acara menyampaikan bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai badan usaha yang dimiliki oleh pemerintah pun tidak terlepas dari tuntutan perubahan akibat kemajuan teknologi. Inovasi atau ekspansi bisnis berbasis teknologi kini mutlak dilakukan, terlebih lagi strategi bersaing yang konvensional kini tidak menarik perhatian konsumen.

“Untuk mengapresiasi kinerja tersebut, Warta Ekonomi ingin memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BUMN yang memiliki kinerja keuangan dan kebijakan strategis perusahaan dalam melakukan inovasi produk ataupun jasa, strategi bisnis, integrasi, ataupun ekspansi bisnis pada tahun 2019 bagi kepentingan masyarakat Indonesia,” tutupnya.