Sri Mulyani: Belanja Pemerintah jadi Lokomotif Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (dok: IG Sri Mulyani)

MONITOR, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku bersyukur pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal ke-3 semakin membaik. Dimana, ekonomi Indonesia tumbuh dari -5,32% menjadi -3,49 %; lebih tinggi jika dibandingkan PDB negara lainnya, yaitu Spanyol -8,7%; Mexico -8,6%; Singapura -7%, dan Italia -4,7%.

Ia menambahkan, realisasi APBN hingga bulan Oktober 2020 berjalan sesuai rencana. Bahkan tercatat aktivitas masyarakat mulai meningkat kembali.

“Belanja Pemerintah menjadi lokomotif pertumbuhan, didorong oleh akselerasi penyerapan belanja negara yang tumbuh 15,5%, terutama realisasi bantuan sosial dan dukungan untuk dunia usaha (UMKM),” kata Sri Mulyani dalam keterangannya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan sejumlah sektor usaha menunjukkan adanya pembalikan, seperti industri pengolahan, konstruksi dan real estat, serta transportasi dan pergudangan. Kinerja sektor usaha yang telah mengalami pembalikan akan terus diakselerasi. ⁣⁣
⁣⁣
“Untuk sektor yang belum pulih, pemerintah akan terus memantau seluruh pergerakan data dan menganalisanya untuk menentukan kebijakan, baik terkait penanganan COVID-19 maupun pemulihan ekonomi,” pungkasnya.