Muhammadiyah: Satgas Covid-19 Harusnya Berani Tegur Acara Habib Rizieq

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, (dok: Republika)

MONITOR, Jakarta – Kegiatan imam besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, dan para pendukungnya belakangan ini menuai perhatian banyak kalangan. Mulai dari upaya penjemputan di Bandara Soekarno Hatta, kegiatan di Puncak Bogor, hingga acara resepsi pernikahan putri Habib Rizieq.

Kegiatan tersebut diramaikan puluhan ribu massa pendukung imam besar FPI ini. Melihat fenomena ini, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengingatkan agar semua pihak benar-benar menerapkan displin protokol Covid-19.

“Semua pihak seharusnya mematuhi protokol Covid-19 dalam semua kegiatan baik pendidikan, perkantoran, keagamaan, dan kegiatan lain yang mengumpulkan massa,” kata Abdul Mu’ti dalam keterangannya, Minggu (15/11).

Tak hanya itu, Abdul Mu’ti juga mengingatkan kepada Habib Rizieq agar memberikan teladan yang baik kepada anggota FPI serta pendukungnya di masa pandemi ini.

“Sebagai pemimpin umat, Habib Rizieq semestinya memberikan contoh agar dalam setiap kegiatan mematuhi protokol Covid-19 dan mengajak anggota FPI dan massa untuk menjadi warga yang baik,” ujarnya.

Selain itu, ia meminta aparatur pemerintah, khususnya Satgas Covid-19, seharusnya berani menegur dan menertibkan semua acara yang tidak mematuhi protokol, termasuk acara Habib Rizieq.