Bagi 3.000 Sertifikat Tanah, Pjs Walikota Depok: Jadi Jaminan Modal Usaha

Pjs Walikota Depok Dedi Supandi bersama Forkopimda Depok hadir dalam penyerahan sertifikat PTSL secara virtual oleh Presiden RI.

MONITOR, Depok – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyerahkan 3.000 sertifikat tanah kepada perwakilan warga Kota Depok. Penyerahan secara simbolis tersebut dilakukan Presiden Jokowi secara virtual dari Istana Kepresidenan yang disaksikan oleh 257 kantor pertanahan se-Indonesia.

“Ini merupakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia. Kali ini kita bagikan 3.000 sertifikat tanah,” kata Pjs Walikota Depok Dedi Supandi, usai kegiatan penyerahan sertifikat di Aula Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Balaikota Depok, Senin (09/11).

Dikatakannya, dengan kepemilikan sertifikat itu dapat memberikan kepastian hukum terhadap kepemilikan hak atas tanah. Dokumen tersebut juga bisa menjadi alokasi modal bagi masyarakat yang ingin berwirausaha.

“Terlebih saat pandemi Covid-19, dengan kepemilikan sertifikat tanah bisa menjadi stimulus dalam pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Senada dengan itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok Yoyon Sonjaya mengatakan, penyerahan sertifikat tersebut untuk tiga kecamatan yaitu Kecamatan Cipayung, Sawangan, dan Tapos

“Ada 3000 sertifikat tanah yang diterbitkan dan selesai tahun ini, namun yang hari ini dibagikan jumlahnya hanya sekitar 2000, sisanya akan kita serahkan langsung ke masyarakat melalui kelurahan dan kecamatan dalam beberapa hari ke depan. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu,” ujarnya.