Gandeng Keuskupan Timika, Kogabwilhan III Akan Gelar Baksos Pengobatan Massal

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang sama di Jakarta“

Pejabat Kogabwilhan III bersama Marthen Kuayo selaku Pelaksana Keuskupan Timika, Papua Barat, Kamis (5/11/2020). (Pen Kogabwilhan III)

MONITOR, Timika – Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III menyambangi Keuskupan Timika untuk menjalin silaturahmi dan membahas kegiatan bakti sosial (baksos) pengobatan massal dan pembagian sembako.

Marthen Kuayo selaku Pelaksana Keuskupan Timika menerima Asops Kogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo dan Dansatgas Pam Obvitnas Brigjen TNI Stefanus Mahury.

Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, mengungkapkan bahwa silahturahmi itu untuk meningkatkan hubungan baik yang selama ini telah terjalin antara TNI dengan tokoh agama dalam memelihara suasana aman dan damai di wilayah. 

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang sama di Jakarta, setelah Keuskupan Merauke dan Asmat melaksanakan silaturahmi dengan Panglima TNI beberapa waktu lalu,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Jumat (6/11/2020.

Menurut Suriastawa, dalam silaturahmi itu juga dibahas kerja sama dalam bentuk kegiatan baksos seperti pengobatan massal dan pembagian sembako untuk membantu meningkatkan kesejahteraan warga.

Marthen Kuayo pun menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kunjungan pejabat Kogabwilhan III serta menjelaskan bahwa pihak Keuskupan Timika selalu mengajak masyarakat untuk menjaga kedamaian di tanah Papua melalui gereja-gereja.

“Terima kasih telah melibatkan pihak Keuskupan dalam rencana pelaksanaan baksos, selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Paroki dan menyarankan, agar pelaksanaannya sebelum perayaan Natal, seperti pada perayaan Paskah dengan cara membersihkan kuburan dan membantu para janda,” ujarnya.

“Kami juga mendengar dan merasa senang bahwa Kogabwilhan III akan bermarkas di Timika, serta berharap kehadiran Kogabwilhan ini menjadi berkat bagi kami warga masyarakat Papua,” kata Marthen menambahkan.