Sabtu, 27 April, 2024

Kemendagri Minta Pemda Hingga RT/RW Siaga Banjir dan Longsor

“Bagi yang tinggal di bantaran sungai, agar mengikuti info dengan cermat”

MONITOR, Jakarta – Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Adwil Kemendagri), Safrizal ZA, meminta seluruh jajaran pemerintah daerah (pemda) mulai dari gubernur, bupati, wali kota hingga tingkat Kelurahan, Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) siaga banjir dan longsor.

Hal itu diungkapkan Safrizal menyusul peringatan dini cuaca di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada 1 November 2020 yang diperkirakan ada potensi terjadi hujan sedang hingga lebat serta angin kencang.

Safrizal juga meminta agar informasi prakiraan cuaca disampaikan kepada semua Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan diteruskan ke seluruh jajaran pemda agar warga waspada dan mengambil langkah antisipasi.

“Bagi yang tinggal di bantaran sungai, agar mengikuti info dengan cermat, bila air meluap agar mengungsi sementara,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (1/1/2020).

- Advertisement -

Untuk mengantisipasi kemungkinan pencurian bila rumah ditinggal sementara karena banjir, Safrizal juga meminta jajaran pemda agar menyiapkan tim patroli gabungan dengan memberdayakan petugas Pertahanan Sipil (Hansip) dan pengamanan lokal.

Menurut peringatan dini cuaca yang dilansir oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Minggu (01/11/2020), hujan lebat terjadi dimulai sekitar pukul 12:10 WIB hingga pukul 15:00 di wilayah-wilayah   Cibungbulang, Rumpin, Jasinga, Parung Panjang, Cigudeg di Kabupaten Bogor dan wilayah Kresek, Gunung Kaler dan sekitarnya di Kabupaten Tangerang.

Hujan lebat tersebut diperkirakan dapat meluas ke wilayah-wilayah lainnya. Wilayah yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat adalah sebagai berikut:

Jakarta Barat: Kalideres.

Kota Tangerang: Batuceper, Benda, Ciledug, Tangerang, Cibodas, Neglasari, Jatiuwung, Cipondoh, Karawaci, Periuk, Pinang.

Kabupaten Bogor: Sukaraja, Babakan Madang, Sukamakmur, Parung, Gunung Sindur, Kemang, Bojong Gede, Leuwiliang, Ciampea, Pamijahan, Nanggung, Tenjo, Ciawi, Cisarua, Megamendung, Caringin, Cijeruk, Ciomas, Dramaga, Tamansari, Ciseeng, Ranca Bungur, Sukajaya, Tanjungsari, Tajurhalang, Cigombong, Leuwisadeng, Tenjolaya.

Kabupaten Bekasi: Sukatani, Tambelang, Karang Bahagia, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Utara.

Kota Bogor: Bogor Selatan, Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Barat, Bogor Utara, Tanah Sareal.

Kota Depok: Sawangan, Bojongsari.

Kota Tangerang Selatan: Setu, Serpong, Serpong Utara, Pondok Aren, Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang. 

Kabupaten Tangerang: Jayanti, Tigaraksa, Mauk, Balaraja, Jambe, Cisoka, Kronjo, Sukadiri, Kemiri, Cisauk, Rajeg, Pasar Kemis, Sukamulya, Teluknaga, Kosambi, Pakuhaji, Sepatan, Sepatan Timur, Curug, Cikupa, Panongan, Legok, Pagedangan, Kelapa Dua, Sindang Jaya, Solear, Mekar Baru.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER