Libur Panjang, Ribuan Pengunjung Serbu Tempat Wisata di DKI

Taman Margasatwa Ragunan (Foto: Dok Medcom)

MONITOR, Jakarta – Memasuki libur panjang, sejumlah tempat wisata di DKI dikunjungi ribuan pengunjung. Salah satunya, tempat wisata Kebun Binatang Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan tempat rekreasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di Cipayung, Jakarta Timur.

Di Ragunan, awal libur panjang, Kamis (30/10) diperkirakan pengujung yang datang mencapai 1.416 orang dan di TMII pengunjung yang datang mencapai 3.225 pengunjung.

“Untuk awal libur, pengunjung yang datang TMR lumayan banyak jumlahnya kurang lebih ada 1.416 orang,”ujar Kepala Satuan Pelaksana Promosi TMR Ketut Widarsono, kepada wartawan.

Dikatakannya, pengunjung yang datang mayoritas menggunakan sepeda motor dan pesepeda

“Pesepeda mencapai 368 pengunjung, menggunakan sepeda motor 211 unit, dan yang menggunakan mobil 144 unit,” ujarnya.

Menyinggung soal penerapan protokol kesehatan, pihaknya mengatakan, para pengunjung TMR tetap diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan.

“Kami himbau agar protorkol kesehatan diperhatikan, tetap pake masker dan tetap sering cuci tangan yang tempatnya sudah kami sediakan,”jelasnya.

Tak hanya itu, pihak TMR pun membatasi jumlah pengunjung hanya 2000 pengunjung.

Lonjakan pengunjung pun terlihat di TMII, Jakarta Timur, tercatat, Rabu (28/10), sebanyak 3.225 pengunjung mendatangi TMII, menikmati berbagai arena yang ada di kawasan tersebut.

Kepala Bagian Humas TMII, Sahda Silalahi mengatakan, memasuki libur panjang dan cuti bersama di akhir bulan Oktober lonjakan pengunjung mulai terlihat.

Tercatat pada Rabu (28/10) sebanyak 3.225 pengujung menikmati tempat rekreasi budaya. “Seluruh pengunjung yang datang itu menggunakan, 665 mobil, 285 motor, dan tiga bus,” katanya.

Menurut Sahda, dengan banyaknya pengunjung, pihaknya pun mengantisipasi berbagai hal. Dimana saat ini TMII juga bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk memberikan pengamanan.

Sahda, mengatakan, terus berupaya untuk menjaga area TMII agar tetap steril dan untuk menjaga pengunjung dari ancaman Covid-19. Dimana hingga saat ini pihaknya rutin menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area TMII.