Sabtu, 20 April, 2024

Yonif 642 Terima Satu Senjata Rakitan dari Warga Perbatasan RI-Malaysia

Hal itu karena sudah terjalinnya hubungan baik antara Yonif 642/Kapuas dengan warga

MONITOR, Sanggau – Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas menerima satu pucuk senjata api rakitan jenis Boumen dari Ramses, warga Dusun Pareh, Desa Semunying Jaya, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (27/10/2020).

Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, Letkol Inf Alim Mustofa, mengungkapkan bahwa penyerahan senjata itu karena sudah terjalinnya hubungan yang sangat baik antara anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas dengan warga masyarakat yang berada di sekitar Pos Kumba Semunying.

Menurut Mustofa, hal itu juga sebagai bukti kedekatan anggota Satgas Yonif 642/Kapuas dengan warga perbatasan yang merupakan hasil dari kegiatan teritorial yang setiap hari gencar dilakukan.

“Kami akan terus berusaha memelihara kepercayaan yang telah diberikan masyarakat, kami akan berbuat yang terbaik untuk Negara serta membantu kesulitan masyarakat di perbatasan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Kamis (29/10/2020).

- Advertisement -

Sementara itu, penyerahan senjata rakitan tersebut terjadi di Pos Kumba Semunying yang langsung diserahkan oleh Ramses ditemani satu orang saudaranya kepada anggota Satgas Yonif 642/Kapuas.

“Senjata ini saya serahkan kepada Pos TNI yang telah tulus menjaga serta membantu kesulitan masyarakat disini,” ujar Ramses kepada Letda Inf Rosi selaku Danpos Kumba Semunying.

Ramses mengatakan bahwa senjata itu biasa digunakan untuk berburu dan sebagai alat perlindungan diri.

“Saya sudah meninggalkan kebiasaan berburu dan saya percaya bahwa kondisi perbatasan sekarang sudah aman dengan adanya TNI, sehingga saya rasa tidak perlu lagi menyimpan senjata ini,” katanya.

Sementara Danpos Kumba Semunying, Letda Inf Rosi, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan warga masyarakat khususnya Ramses kepada anggota Satgas Yonif 642/Kapuas.

“Kami (Satgas) merasa terhormat atas kepercayaan masyarakat kepada kami, semoga hubungan baik antara Satgas dapat terjaga dan semakin kuat,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER