Viral! Investigasi CCTV Narasi TV Bongkar Terduga Pelaku Pembakaran Halte Sarinah

MONITOR, Jakarta – Sebuah video investigasi Narasi TV bertajuk “Buka Mata – 62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah” viral di sosial media. Video tersebut menggambarkan foto para terduga pelaku yang justru berbeda dengan empat orang yang telah ditangkap dan dijadikan tersangka Polisi.

Dalam video tersebut juga terlihat jelas para pelaku melakukan aksinya secara terorganisir dan bukan merupakan bagian dari pendemo baik dari kalangan buruh maupun mahasiswa.

Rekaman CCTV dan video pengamatan menggambarkan bahwa pelaku yang belum terungkap itu sedari awal memang berniat membakar Halte TransJakarta saat demonstrasi menolak UU Omnibus Law pada 8 Oktober 2020.

Tim Buka Mata Narasi menyusun secara rinci, menit demi menit pembakaran Halte TransJakarta Sarinah pada 8 Oktober 2020. “Hasil analisis kami menemukan bahwa para pelaku memang datang untuk membakar Halte TransJakarta dan memperburuk situasi aksi demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja,” demikian bunyi narasi video.

Pelaku mula-mula datang dari arah Jalan Sunda secara berkelompok saat aksi mulai panas di perempatan Sarinah. Mereka sempat berfoto-foto dan melakukan pengamatan. Secara terencana, para pelaku kemudian berpencar untuk membakar Halte TransJakarta.

Berikut video lengkapnya seperti kami kutip dari Narasi TV (youtube channel Najwa Shihab).