Jumat, 26 April, 2024

Luas Oncoran di Kutawaringin Kabupaten Bandung Meningkat Drastis dengan RJIT

MONITOR, Bandung – Kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) yang dilakukan Kementerian Pertanian di Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, membuat luas oncoran meningkat drastis. Jika sebelumnya luas oncoran 5 hektare (ha), dengan kegiatan RJIT luas oncoran irigasi menjadi 50 ha.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, peningkatan oncoran tersebut dimungkinkan karena RJIT adalah water management.

“RJIT adalah bagian dari kegiatan water management. Tujuannya bukan hanya untuk memperbaiki saluran irigasi yang rusak. Tetapi juga meningkatkan dan memaksimalkan fungsi irigasi. Agar produktivitas meningkatkan, indeks pertanaman meningkat, termasuk luas oncoran,” tuturnya, Rabu (28/10/2020).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan kegiatan RJIT yang dilakukan secara swakelola oleh Kelompok Tani Mekarsari 1 di Desa Jatisari, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, berdampak positif.

- Advertisement -

“Bulan hanya luas oncoran yang naik dari 5 hektare menjadi 50 hektare. Indeks pertanaman pun bertambah. Jika sebelumnya petani hanya bisa tanam 2 kali dalam setahun, dengan RJIT ini petani bisa tanam 3 kali dalam setahun,” terangnya.

Manfaat lain yang dirasakan petani adalah meningkatnya provitas. Jika sebelumnya provitas 5 ton, dengan RJIT meningkat menjadi 6 ton.

“Manfaat dari kegiatan RJIT sudah dirasakan manfaatnya. Untuk itu kita berharap saluran irigasi yang sudah direhabilitasi ini bisa dijaga dengan baik dan terus dimanfaatkan dengan maksimal untuk mendukung pertanian,” harapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER