Ma’ruf Amin: Pemerintah Akan Tambah Pendirian Bank Wakaf Mikro

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin

MONITOR, Jakarta – Pemerintah telah memulai proses penggabungan tiga bank syariah yang dimiliki oleh HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara). Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, hal itu dilakukan sebagai upaya memperkuat kelembagaan keuangan syariah.

Ma’ruf mengatakan, mergernya syariah baru ini diharapkan dapat beroperasi penuh pada Februari 2021 dan mampu bersaing secara kompetitif di tingkat global.

Sementara itu, terkait lembaga keuangan ultra mikro, pemerintah melalui Kementerian Sosial juga akan memperluas dan menambah pendirian Bank Wakaf Mikro yang akan melayani kalangan usaha kecil yang membutuhkan modal di bawah Rp 3 juta.

“Usaha kecil di atas Rp 3 juta akan dilayani Baitul Maal wat Tamwiil (BMT), Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) dan koperasi syariah,” kata Ma’ruf Amin, dalam konferensi pers, Selasa (27/10).

“Saya meyakini gerakan inovatif pengumpulan zakat, infak, shadaqah, dan wakaf apabila ditangani dengan serius dapat menjadi pilar kuat pelaksanaan program kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.