Jumat, 29 Maret, 2024

BI Sebut Ekonomi Indonesia Kuartal III Semakin Membaik

MONITOR, Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan pemulihan pertumbuhan ekonomi di Tanah Air saat ini tengah berlangsung. Hal ini terlihat dari beberapa indikator yang sudah menunjukan bahwa di kuartal III dan IV semakin membaik.

“Apakah dari indikator mobilitas manusia berbagai aktivitas baik mobilitas secara umum maupun aktivitas ekonomi terus meningkat,” katanya dalam acara Capital Market Summit & Expo 2020, Senin (19/10/2020).

Perry menyebut beberapa indikator survei penjualan eceran juga terus mengalami perbaikan. Bahkan indeks PMI juga telah berhasil meningkatkan ekspor non migas Indonesia.

“Sehingga secara keseluruhan memang kami perkirakan bahwa di pertumbuhan ekonomi triwulan III meskipun masih kontraksi akan lebih baik dari triwulan II,” sebutnya.

- Advertisement -

Tak sampai disitu, defisit transaksi berjalan diperkirakan BI tahun ini juga bakal lebih rendah. Di mana transaksi berjalan di kuartal III akan mengalami surplus. Sehingga keseluruhan di 2021, transaksi berjalan akan di bawah 1,5 persen PDB.

“Untuk tahun 2021 bisa ada terkendali di sekitar 1,5 persen PDB,” katanya.

Dengan adanya perbaikan tersebut, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi di kuartal IV selanjutnya akan kembali positif. Sehingga ini akan mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER