Jelang Libur Panjang, Jokowi: Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Istana/ dok: Setkab

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo memprediksi bakal terjadi lonjakan positif kasus Covid-19 ketika libur panjang di akhir bulan Oktober tiba. Ya, sekitar satu pekan lagi masyarakat akan menikmati libur panjang.

Untuk mengatasi lonjakan kasus, Presiden Joko Widodo pun mengumpulkan jajaran menterinya dalam rapat terbatas membahas persiapan libur panjang akhir Oktober.

“Saya mengingatkan segenap jajaran pemerintah untuk waspada dan mengantisipasi agar kegiatan libur panjang dan cuti bersama ini jangan sampai berdampak pada kenaikan kasus Covid,” kata Jokowi dalam rapat terbatas, Senin (19/10).

Sebagaimana laporan yang masuk, berdasarkan data per 18 Oktober 2020, rata-rata kasus aktif Covid-19 di Indonesia berada pada angka 17,69 persen. Jokowi menjelaskan, angka tersebut sudah lebih rendah dari rata-rata kasus aktif dunia yang mencapai 22,54 persen.

“Begitu juga rata-rata kematian akibat Covid-19 di Indonesia kini menurun dari sebelumnya 3,94 persen menjadi 3,45 persen, sementara rata-rata kesembuhan membaik di angka 78,84 persen,” terang Jokowi.