Sabtu, 20 April, 2024

Sekjen PBB Sebut Dunia Gagal Hadapi Ujian Covid-19

“Covid-19 merupakan tantangan global utama bagi seluruh masyarakat internasional”

MONITOR, Lisbon – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), Antonio Guterres, mengungkapkan bahwa dunia telah gagal dalam menghadapi tantangan pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Antonio mengingatkan perlunya aksi bersama untuk mencegah jutaan orang jatuh ke dalam kemiskinan dan kelaparan di masa pandemi ini.

Mantan Perdana Menteri Portugal itu menyampaikan bahwa jauh lebih banyak hal dapat dilakukan jika negara-negara bergotong royong memerangi Covid-19 yang telah menelan lebih dari satu juta jiwa secara global itu.

“Pandemi Covid-19 merupakan tantangan global utama bagi seluruh masyarakat internasional, bagi multilateralisme dan bagi saya, sebagai Sekretaris Jenderal PBB,” ungkapnya kepada kantor berita Lusa, Lisbon, Portugal, Sabtu (17/10/2020).

- Advertisement -

“Sayangnya itu adalah sebuah ujian yang, sejauh ini, gagal dilakukan oleh masyarakat internasional,” ujar Antonio melanjutkan.

Menurut Antonio, jika langkah-langkah terkoordinasi tidak dilakukan, maka virus mikroskopis itu dapat mendorong jutaan orang jatuh ke dalam kemiskinan dan kelaparan akibat dampak ekonomi yang menghancurkan dalam beberapa tahun ke depan.

Antonio juga mengkritik sejumlah negara karena kurang bersatu dalam upaya mengatasi berbagai tantangan global lainnya, seperti konflik di Afghanistan, Yaman dan Suriah.

“Ini sumber frustrasi yang luar biasa,” katanya.

Lebih dari 39 juta orang di dunia terinfeksi Covid-19, menurut hitungan Reuters, yang berdasarkan pada data resmi.

Infeksi Covid-19 dilaporkan terjadi di lebih dari 210 negara sejak kasus pertama terdeteksi di China pada Desember tahun lalu.

Sumber: Reuters

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER