Ditjen PSP Tingkatkan Produktivitas di Ketapang Lamsel dengan Irigasi Perpompaan

Dok. Istimewa

MONITOR, LAMPUNG SELATAN – Melalui kegiatan irigasi perpompaan, Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) memaksimalkan produktivitas pertanian di Desa Karangsari, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan (Lamsel).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan kegiatan irigasi perpompaan dilakukan untuk memaksimalkan potensi air yang ada.

“Kegiatan pompa dilakukan karena masih ada sumber air yang bisa dimanfaatkan. Air-air ini kita pastikan bisa mencapai petak-petak lahan persawahan agar pertanian bisa terus berlangsung,” katanya.

Sementara Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, yang meninjau langsung proses pengerjaan irigasi perpompaan bersama Komisi IV DPR RI, mengaku senang dengan progres yang diperlihatkan.

“Ada 5 titik yang menjadi lokasi kegiatan perpompaan ini. Kita lihat progres pengerjaannya sangat baik dan maksimal, mudah-mudahan bisa mendukung pertanian di Ketapang,” katanya.

Sarwo Edhy pun berharap kegiatan ini bisa berdampak pada peningkatan produktivitas dan juga indeks pertanaman.

Kegiatan irigasi perpompaan di Desa Karangsari, Kecamatan Ketapang dikerjakan klKelompok Tani Wahyu Bintara dengan memanfaatkan sungai Way Pisang.

Dalam kegiatan ini dibangun juga rumah mesin, dan dilengkapi mesin penggerak 12 PK, pompa air sentrifugal 4 inchi, selang hisap 4 inchi, pipa tanam 4 inchi. Total areal yang diairi adalah 25 hektar lahan area persawahan.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, berharap kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Kegiatan irigasi perpompaan ini bukti keseriusan dukungan pemerintah untuk pertanian. Oleh karena itu harus sama – sama dijaga,” katanya.