Jalan Arah Merdeka Selatan Dialihkan Akibat Demo, Ini Rute Penggantinya

Ilustrasi jalan kawasan Medan Merdeka Selatan/ dok: Okezone

MONITOR, Jakarta – Aparat kepolisian mengingatkan pengendara motor, atau kendaraan pribadi agar hari ini tidak melawati kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Pasalnya, jalan merdeka hari ini menjadi pusat aksi demo mahasiswa yang menolak pengesahan Undang-undang Cipta Kerja.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya lantas meminta kepada masyarakat, khususnya pengendara, untuk menghindari kawasan Istana Merdeka. Pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan secara situasional dan disesuaikan dengan kondisi lapangan.

“Pengalihan arus ini dilakukan secara situasional, tergantung situasi dan kondisi di lapangan nantinya,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Jumat (16/10).

Berikut pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana merdeka :

  1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light (TL) Harmoni.
  2. Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.
  3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.
  4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.
  5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Adul Muis.
  6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Muesum diluruskan ke Jalan Majapahit.
  7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada