Menkominfo: Ada 42 Isu Hoaks Bertebaran selama Demo Omnibus Law

Menkominfo RI, Jhonny G Plate (Foto: Dok Tribun)

MONITOR, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan ada puluhan isu hoaks yang meramaikan media sosial saat demo UU Cipta Kerja. Johnny mengkategorikan isu hoaks kedalam dua bagian.

“Ada 2 jenis hoaks, pertama hoaks di medsos dan hoaks yang dibicarakan di ruang publik yang disampaikan ada di medsos dan ada 42 isu hoaks,” ujar Johnny G. Plate dalam program Mata Najwa, Rabu (14/10) malam.

Salah satu yang diperbincangkan publik yaitu kasus dugaan pemukulan polisi terhadap demonstran hingga keberadaan Presiden Joko Widodo saat demo berlangsung.

“Ada ratusan ribu percakapannya itu menyangkut isu yang salah dan dikualifikasikan sebagai disinformasi, contohnya video aksi pemukulan polisi di DPRD Kota Malang, Jokowi kabur tinjau tol ketika omnibus law,” terang Menteri dari Partai NasDem ini.

Johnny menambahkan, masih ada informasi hoaks lainnya yaitu mengenai penghapusan cuti dan pesangon dalam UU Cipta Kerja.

“Termasuk (hoaks) substansi yang dibicarakan dalam UU seperti omnibus law menghapus cuti haid, cuti hamil, hapus pesangon,” pungkasnya.