Anies Bangga Jakarta Ditunjuk sebagai Tuan Rumah Kongres IPA ke-33

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bangga ketika Jakarta terpilih sebagai tuan rumah Kongres Penerbit Internasional IPA (International Publishers Association) ke-33 Tahun 2022.

Anies menyebut, kepercayaan itu didapat berdasarkan hasil kolaborasi bersama masyarakat dalam membangun peradaban literasi turut mewujudkan Jakarta sebagai Kota Buku.

“Jakarta adalah pusat dari Indonesia. Di kota ini kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, di Jakarta ini hampir semua etnis dan ragam budaya dari Sabang sampai Merauke dapat ditemukan, Jakarta juga menjadi pusat literasi, Jakarta memiliki infrastruktur perbukuan terbaik dan terlengkap di Indonesia. Jakarta juga telah berhasil menjadi tuan rumah berbagai kegiatan internasional,” terang Anies dalam paparannya, Kamis (15/10).

“Tradisi literasi harus menjadi ciri khas Jakarta,” sambungnya.

Untuk merealisasikan tradisi literasi ini, mantan Menteri Pendidikan ini mengatakan pihaknya terus melakukan berbagai pembangunan infrastruktur untuk menopang industri perbukuan di Jakarta, seperti pembangunan pasar buku di beberapa lokasi di Jakarta dan pembangunan Taman Buku, atau pojok baca di tempat-tempat publik.

“Literasi warga sangat bergantung kepada buku yang mereka baca; penerbit bisa menerbitkan buku-buku berkualitas karena didukung oleh iklim yang sehat, seperti nilai-nilai demokrasi, kebebasan berbicara, dan perekonomian yang tumbuh merata,” imbuh Anies.