Jika Terpilih, Anak Jalanan di Depok Jadi Perhatian Khusus Pasangan Pradi-Afifah

Ketua Sohib Bang Pradi Kota Depok, Sugeng Purnomo saat memberikan keterangan pers. (Foto: Boy Rivalino)

MONITOR, Depok – Ketua Sohib Bang Pradi Kota Depok Sugeng Purnomo mengatakan, fenomena anak jalanan masih merupakan masalah kesejahteraan sosial yang serius dan menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pasangan Pradi Supriatna dan Afifah Alia, bila nantinya terpilih menjadi wali dan wakil wali kota Depok periode 2021-2026.

“Terkait kaum minoritas masyarakat miskin perkotaan, khususnya anak jalanan, ini juga akan menjadi PR bagi pasangan Pradi-Afifah jika nantinya terpilih,” katanya kepada MONITOR, Senin (12/10).

Purnomo berujar, mengatasi permasalahan anak jalanan di Kota Depok tidaklah semudah membalik telapak tangan, karena tidak sekadar memindahkan mereka dari jalan.

Hal tersebut, jelas Purnomo, dibutuhkan penangan khusus, karena masalah kaum minoritas masyarakat miskin di perkotaan itu telah muncul sejak lama di Kota Depok.

Namun demikian Purnomo menegaskan, dengan program pembangunan berbasis RW yang dimiliki Pradi-Afifah, dinilai mampu mengatasi persoalan kaum minoritas miskin perkotaan.

“Dengan program berbasis RW yang dimiliki Pradi-Afifah ini, nantinya mereka (kaum minoritas miskin perkotaan) akan kita berdayakan, sehingga mereka memiliki penghasilan tetap,” katanya.

Lebih lanjut Purnomo menjelaskan, jika Pradi-Afifah terpilih menjadi wali dan wakil wali kota Depok, anak jalanan nantinya akan disediakan gedung pra kerja.

Hal itu, kata dia, sebagai tempat pelatihan untuk menyiapkan anak jalanan menjadi tenaga siap kerja.

“Dalam gedung pra kerja itu nantinya kita akan berikan pelatihan-pelatihan usaha. Contoh usaha-usaha yang akan dikembangkan untuk mereka misalnya usaha sablon, kaligrafi atau lukis, kerajinan tas, jaket kulit, steam motor, dan sebagainya,” pungkasnya.