Selasa, 31 Januari, 2023

Marwan Jafar Minta Rapid Test, Swab dan Vaksin Covid-19 Diberikan Gratis

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi VI DPR, Marwan Jafar menegaskan agar rapid test, swab test dan vaksin Covid-19 digratiskan bagi masyarakat yang kurang mampu. Pasalnya, penurunan harga belum signifikan bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi.

“Sejak awal saya mengatakan berkali-kali, rapid test, swab test, vaksin Covid-19 digratiskan bagi masyarakat kurang mampu, sebagai bukti negara hadir dan amanat konstitusi,” papar Marwan saat rapat dengar pendapat Komisi VI DPR dengan Direktur Utama PT Bio Farma (Persero), Direktur Utama PT Kimia Farma, Direktur Utama PT lndofarma, dan Direktur Utama PT Phapros, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (5/10).

“Jadi, bukan hanya menekan harga. Karena menurut saya penurunan harga swab 900 ribu itu belum signifikan dan itu masih tinggi,” tambah dia.

Tidak hanya itu, mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini, juga meminta agar vaksin yang diberikan kepada masyarakat sesuai dengan segregasi etnik masyarakat Indonesia. Yakni, dapat dilakukan kerjasama dengan perusahaan farmasi luar yang memiliki uji klinis

- Advertisement -

“Soal vaksin platformnya harus cocok dengan masyarakat Indonesia, dengan kondisi tubuh masyarakat Indonesia, sesuai dengan milio masyarakat Indonesia, cocok dengan segredasi etnik masyarakat Indonesia,” kata Marwan.

Dalam kesempatannya, ia berharap, agar Indonesia mengurangi impor bahan baku obat-obatan dari luar negeri. Mengingat, impor bahan baku obat-obatan yang justru membuat harga meningkat.

“Bagaimana kita mulai mengurangi impor bahan baku obat-obatan kita. Alam kita ini kan kaya raya, kenapa kita tidak menggunakan kekayaan kita. Ini momentum saatnya kita harus mengupayakan dan memaksimalkan bahan baku dari dalam negeri dengan riset yang kredible,” pungkas politikus PKB ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER