Jumat, 19 April, 2024

Ribuan Warga di Kampung Melayu Jaktim Terdampak Banjir

MONITOR, Jakarta – Ribuan warga di Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim) tepatnya di Kampung Pala terdampak banjir. Banjir meredam pemukiman penduduk hingga ketinggian 50 cm hingga 1,5 meter.

Air mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 01.00 WIB. Air berasal dari meluapnya kali Ciliwung.

Lurah Kampung Melayu Setiawan mengatakan banjir kali ini dialami oleh 1.264 jiwa yang terdampak di RW04, RW05, RW06, RW07 dan RW08 Kebon Pala.

“Itu air dari Bogor, bukan air dari lokal. Biasanya banjir di sini juga dipengaruhi air dari Depok,” katanya.

- Advertisement -

Titik terparah banjir berada di RW04 dengan ketinggian muka air mencapai 1,5 meter lebih sebab berada pada dataran lebih rendah dari wilayah RW lainnya.

“Tapi saat ini air berangsur-angsur sudah surut,” jelasnya.

Dilansir dari informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta tinggi muka air (TMA) di Sungai Sunter Hulu pada Minggu (4/10/2020) sekitar pukul 22.00 WIB mengalami siaga 1 dengan ketinggian 300 sentimeter dari TMA normal 150 sentimeter.

Sungai Sunter Hulu yang menjadi pertemuan Kali Ciliwung di bagian sudut Kebon Pala mengalami peningkatan debit air setelah terjadi curah hujan yang tinggi di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Selang beberapa jam kemudian air kiriman dari Katulampa melalui Kali Ciliwung tiba di Kebon Pala tepat pukul 02.00 WIB dan merendam rumah penduduk.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER