Eddy Soeparno: Pancasila Satukan Bangsa dalam Tantangan Jaman

Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno

MONITOR, Jakarta – Momentum hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober ini, selayaknya menjadi refleksi bersama bagi elemen bangsa Indonesia. Anggota Badan Sosialisasi MPR RI, Eddy Soeparno, mengatakan Pancasila sebagai simbol negara berhasil mengikat dan menyatukan seluruh rakyat Indonesia.

Bahkan, dikatakan Eddy, Pancasila menjadi sumber pijakan bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai dinamika tantangan jaman.

“Sejarah telah membuktikan bahwa Pancasila mampu menyatukan kita yang berbeda-beda sebagai bangsa, bertahan dalam setiap tantangan zaman serta akan terus jadi pijakan pembangunan Indonesia kini dan nanti,” ujar Eddy Soeparno dalam keterangannya, Kamis (1/10).

Eddy, yang merupakan Sekretaris Jenderal DPP PAN ini kembali menegaskan Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia sudah berhasil menyatukan seluruh lapisan masyarakat dengan berbagai perbedaan dan keanekaragaman yang dimiliki.

“Keberagaman suku, agama dan budaya adalag khazanah kekayaan indonesia. Dengan segala perbedaan itu, Pancasila menyatukan kita sebagai bangsa,” imbuhnya.