Sabtu, 20 April, 2024

15 Penyuluh KB Kota Depok Raih Penghargaan Presiden

MONITOR, Depok – Sebanyak 15 Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) di Kota Depok Selasa (22/9) kemarin mendapatkan Penghargaan Satyalancana Karya Satya. Penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo tersebut, diberikan atas pengabdian yang dilakukan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah selama puluhan tahun.

Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Anisa Handari mengatakan, jumlah PKB di Kota Depok ada 22 orang. 15 di antaranya diberikan apresiasi karena telah mengabdi lebih dari 20 sampai 30 tahun.

“Selama puluhan tahun itu, mereka membantu Pemerintah Daerah (Pemda) menyukseskan program ketahanan keluarga, dengan terjun langsung ke masyarakat,” kata Nessi kepada MONITOR, Rabu (23/9).

Nessi menjelaskan, para penyuluh KB sendiri merupakan pegawai di bawah naungan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

- Advertisement -

Dirinya merinci, terdapat sekitar delapan orang yang sudah bekerja selama 20 tahun, sementara sisanya lebih dari 30 tahun.

“Tentunya pengabdian ini luar biasa, sehingga layak mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden. Mereka membantu pemerintah di lapangan, hingga sampai level keluarga,” ujarnya.

Dia menyebutkan, adapun tugas-tugas yang dilakukan PKB adalah memberikan pelayanan di sektor Posyandu, Kampung KB, hingga RW Ramah Anak. Bahkan di kondisi pandemi sekarang, tegasnya, mereka tetap bertugas mengedukasi masyarakat agar mematuhi aturan protokol kesehatan.

“Harapan saya, dengan adanya penghargaan dari Presiden, bisa menjadi penyemangat dan motivasi lebih untuk mereka,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER