Viral Perselisihan Acara Keagamaan di Bekasi, Begini Reaksi Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

MONITOR, Bekasi – Viralnya video perselisihan kegiatan keagamaan salah satu agama yang dihentikan oleh umat beragama lain di Bekasi, menuai sorotan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kejadian tersebut terjadi pada Minggu, 13 September di RT 004 RW 09, Blok J, Perumahan Kota Serang Baru (KSB), Desa Wibawamulya, Cibarusah. Pihak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah membahas hal itu secara bersama-sama dengan pihak yang berselisih, yakni warga Blok J, Perum KSB, dan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Lippo Cikarang.

Ridwan Kamil pun menekankan agar keharmonisan dan kerukunan di Kabupaten bekasi selalu menjadi nilai-nilai yang harus dijaga. ia meminta masyarakat saling menghormati keyakinan antar masing-masing pemeluk agama.

“Saya selalu ingatkan, mari selalu hormati keyakinan dan hak beribadah setiap warga negera Indonesia dan selalu gunakan musyawarah secara baik-baik jika ada ketidaksepahaman, karena kita sudah sepakat bahwa falsafah negara kita adalah Pancasila,” imbuh Ridwan Kamil, Jumat (18/9).