Kasus Syekh Ali Jaber Tak Bisa Dianggap Enteng

“Ini adalah upaya pembunuhan terhadap seorang ulama“

Tangkapan layar detik-detik Syekh Ali Jaber hendak ditusuk Orang Tidak Dikenal (OTK) di Masjid Falahuddin, Lampung, Minggu (13/9/2020).

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Alhabsyi, mengungkapkan bahwa kasus penusukan yang dialami Syekh Ali Jaber tidak bisa dianggap hal yang biasa-biasa saja.

“Saya mengutuk keras penyerangan terhadap Syaikh Ali Jaber. Ini adalah upaya pembunuhan terhadap seorang ulama, tentunya tidak bisa dianggap hal enteng atau biasa,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Senin (14/9/2020) malam.

Pria yang akrab disapa Habib itu mengatakan bahwa aparat penegak hukum harus mengusut tuntas persoalan tersebut, jangan sampai perkara itu disederhanakan dengan mengatakan bahwa pelaku adalah orang gila. 

“Jika dilihat dari video yang beredar, pelaku memang fokus mentarget Syaikh Ali Jaber, bahkan terlihat terampil menggunakan pisau untuk menyerang,” katanya.

Habib menilai, keberanian pelaku menjalankan aksinya di depan umum pasti juga sudah dipersiapkan dengan matang. Pasalnya, tidak mungkin hal itu dilakukan dengan spontan, bisa jadi tindakan itu sudah direncanakan sebelumnya.

“Disinilah perlunya pendalaman oleh aparat, apalagi beredar info adanya pengakuan bahwa pelaku disuruh untuk menyerang Syaikh Ali Jaber,” ujar Politikus PKS itu.

Habib menegaskan bahwa itu semua harus ditelusuri dengan baik, jika tidak, hal ini akan meresahkan masyarakat. Seolah para pelaku penyerangan kepada para ulama selalu orang gila.

“Jangan sampai ada yang menganggap ini sebagai modus untuk menutup perkara penyerangan terhadap para ulama,” ungkapnya.